Penurunan Tekanan Darah Pada Ibu dengan Preeklamsi Berat Dengan Terapi Rendam Kaki Air Sereh

Isneni Yuli Rustanti(1*), Nikmatul Khayati(2), Heryanto Adi Nugroho(3)


(1) Program Studi Pendidikan Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Program Studi Pendidikan Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Preeklampsia dapat menimbulkan komplikasi pada ibu berupa eklampsia, solusio placenta, pendarahan subkapsula, kelainan pembekuan darah (DIC), sindrom HELP (hemovilisis, elevated liver enzymes and low platelet count), ablasio retina, gagal jantung, hingga syok dan kematian. Pada tahun 2015 sekitar 303.000 wanita meninggal selama dan setelah kehamilan dan persalinan. Preeklamsi dapat diobati secara farmakologis dan non farmakologis salah satunya dengan terapi rendam kaki menggunakan air sereh.  Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melibatkan 3 responden. Kriteria inklusi ibu post partum section caesaria dengan Pre-eklampsia Berat dengan kelahiran anak pertama dengan masa nifas hari pertama dengan masalah resiko perfusi perifer tidak efektif, dengan keluhan pusing, tekanan darah tinggi, dan terdapat oedem ekstremitas serta yang bersedia menjadi.  Setelah dilakukan terapi selama 3 hari berturut, hasil evaluasi didapatkan adanya penurunan tekanan darah terhadap ibu post partum section caesaria dengan Pre-eklampsia Berat setelah melakukan rendam kaki dengan air hangat dan serai. Perubahan terjadi pada seluruh responden dengan rata-rata penurunan systole sebanyak 7 mmHg dan pada diastole sebanyak 7,6 mmHg. Masalah keperawatan resiko perfusi perifer tidak efektif teratasi sebagian di tandai dengan turunnya tekanan darah pada seluruh responden. Berdasarkan kesimpulan tersebut saran yang dapat diberikan antara lain melakukan dan mengajarkan terapi rendam kaki dengan air hangat dan serai pada semua ibu post partum section caesaria dengan Pre-eklampsia Berat dengan meningkatkan partisipasi keluarga dalam menurunkan tekanan darah pasien


Keywords


Rendam Kaki; Air Sereh; Tekanan Darah; Preeklamsi Berat

Full Text:

PDF

References


Aeni, N. (2013). Faktor Risiko Kematian Ibu. Kesmas: National Public Health Journal, 7(10), 453. https://doi.org/10.21109/kesmas.v7i10.4

Blencowe, H., Cousens, S., Jassir, F. B., Say, L., Chou, D., Mathers, C., Hogan, D., Shiekh, S., Qureshi, Z. U., & You, D. (2016). National, regional, and worldwide estimates of stillbirth rates in 2015, with trends from 2000: a systematic analysis. The Lancet Global Health, 4(2), e98–e108.

Damayanti, D. (2014). Perbedaan Tekanan Darah Sebelum Dan Sesudah Dilakukan Hidroterapi Rendam Hangat Pada Penderita Hipertensi Di Desa Kebondalem Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Semarang: Jurnal STIKES Ngudi Waluyo Ungaran, 5(10).

Fauziah, S. (2017). Keperawatan Maternitas Vol.2. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=jfKlDwAAQBAJ

Kementerian Kesehatan, D. K. K. S. (2018). Profil Kesehatan Kota Semarang.

Nursalam. (2011). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika.

Omilabu, A., Okunade, K. S., Gbadegesin, A., & Akinsola, O. (2014). Risk factors for eclampsia in Multiparious Women in Lagos, Nigeria. International Journal of Biomedical Research, 5(04).

Persatuan Perawat Nasional Indonesia, T. P. S. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. DPP PPNI.

Sabattani, C. F., & Supriyono, M. (2016). Efektivitas Rendam Kaki Dengan Air Hangat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Ibu Hamil Penderita Preeklamsi Di Puskesmas Ngaliyan Semarang. Karya Ilmiah.

Tim pokja SDKI DPP PPNI. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (Edisi 1). Dewan pengurus pusat PPNI.

Universitas Sriwijaya, D. F. (2009). Kumpulan Kuliah Farmakologi. EGC. https://books.google.co.id/books?id=MVw2VCMXrEgC

Wulandari, P., & Arifianto, D. S. (2017). Pengaruh Rendam Kaki Menggunakan Air Hangat dengan Campuran Garam dan Serai Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Wilayah Poderejo Rw 8 Ngaliyan.


Article Metrics

Abstract view : 2649 times
PDF - 343 times

DOI: https://doi.org/10.26714/nm.v1i2.5798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Isneni Yuli Rustanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]