PEMBERIAN JAMU UYUP – UYUP TERHADAP KELANCARAN PENGELUARAN AIR SUSU IBU (ASI) PADA IBU NIFAS

Retno Kumalasari(1*), Diah Arimbi(2), Aziez Ismunandar(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Jamu uyup–uyup atau gepyokan adalah jamu yang digunakan untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu yang menyusui. Tidak lancarnya pengeluaran air susu ibu (ASI) padasaat menyusui menyebabkan mastitis. Upaya untuk meningkatkan kelancaran pengeluaran ASI adalah dengan mengkonsumsi jamu uyup-uyup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian jamu uyup-uyup terhadap kelancaran pengeluaran ASI padaibu postpartum di wilayah kerja Puskesmas Kemangkon kabupaten Purbalingga tahun 2014.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian static group comparison yaitu merupakan rancangan pre eksperimental. Jumlah sampel 30 orang, yang diperoleh dari metode accidental sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data  sekunder.

Hasil penelitian berdasarkan analisis bivariate menggunakan U Mann Whitney yang menunjukkan bahwa 15 responden yang mengkonsumsi jamu uyup-uyup 100% pengeluaran ASInya lancar, sedangkan 15 responden yang tidak mengkonsumsi jamu uyup-uyup, 2 (13,3%)responden pengeluaran ASInya lancar, dan 13 (86,7%) responden pengeluaran ASInya tidaklancar. P value 0,000 < α 0,05 yang artinya ada pengaruh pemberian jamu uyup-uyup terhadapkelancaran pengeluaran ASI pada ibu postpartum.

Simpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian jamu uyup-uyupterhadap kelancaran pengeluaran ASI pada ibu postpartum di wilayah kerja Puskesmas Kemangkon kabupaten Purbalingga tahun 2014. Diharapkan ibu nifas mengkonsumsi jamuuyup-uyup untuk meningkatkan kelancaran pengeluaran ASI pada masa menyusui.Kata Kunci : Jamu Uyup-uyup, Kelancaran Pengeluaran ASI


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4715 times
PDF - 1753 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:Info@unimus.ac.id  http://unimus.ac.id