PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP SIKAP KADER KESEHATAN TENTANG IMUNISASI HPV DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEGANDAN SEMARANG

Siti Nurjanah(1*), Dewi Puspitaningrum(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang : Kanker merupakan suatu penyakit tidak menular. Salah satu penyakit palingmematikan yang menghantui kehidupan perempuan adalah kanker serviks. Kanker serviksadalah kanker ketiga yang dijumpai pada sistem reproduksi wanita (Faizah, 2010).Pengetahuan yang cukup sangat penting untuk mencegah terjadinya kanker serviks sedinimungkin. Pencegahan agar terhindar dari virus HPV adalah dengan imunisasi vaksin. Perludilakukan upaya peningkatan tentang pendidikan kesehatan dan pengetahuan kanker serviksserta imunisasi kanker serviks dari kader kepada beberapa wanita usia subur.

Tujuan : Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap kader kesehatan tentangimunisasi HPV di wilayah kerja Puskesmas Pegandan Semarang.

Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan pendekatan crosssectional. Sampel sebanyak 41 responden, teknik sampling yang digunakan adalah AcidentalSampling. Hasil : Pendidikan kesehatan sebagian besar diikuti oleh 33 (80,5%) responden. Sikap kaderkesehatan tentang imunisasi HPV sebagian besar yaitu positif sebanyak 38 (92,7%).

Kesimpulan : berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil p value sebesar 0,092, inimenunjukkan hasil yaitu tidak ada pengaruh yang signifikan pengaruh pendidikan kesehatanterhadap sikap kader kesehatan tentang imunisasi HPV di Wilayah Kerja Puskesmas PegandanSemarang


Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Sikap, Imunisasi HPV


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:Info@unimus.ac.id  http://unimus.ac.id