PENGARUH TERAPI VISUAL TEKNIK PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION (PEC) TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF PADA ANAK AUTISME DI SD PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA

Rahmaya Nova Handayani(1*), Murniati -(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Autisme merupakan gangguan perkembangan berupa gangguan bahasa, komunikasi, perilaku dan interaksi sosial. Ada beberapa terapi yang dapat disarankan untuk mengatasi autisme antara lain adalah terapi visual.  
Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh dan perbedaan antara anak autisme yang diberi dan tidak diberi terapi PEC.
Rancangan penelitian adalahpre post test control group. Responden dibagi menjadi 2 kelompok dengan pembagian 8 responden sebagai kelompok intervensi terapi visual teknik PEC, dan 7 responden kelompok kontrol. Intervensi dilakukan setiap 1 minggutiga kali yaitu hari Senin, Rabu, Jumat dengan waktu 20-30 selama 2 bulan. Analisis data yang digunakan
yaitupaired t-test design dan un-paired t-test (independent t-test).
Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dan perbedaan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif sebelum dan sesudah dilakukan terapi visual PEC pada anak autisme di SD Purba Adhi Suta Purbalingga.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 440 times
PDF - 1510 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:Info@unimus.ac.id  http://unimus.ac.id