KARAKTERISTIK PENGGUNAAN FACEBOOK DALAM SIKAP SEKSUAL REMAJA DI KOTA SEMARANG

Agustin Rahmawati(1*), Erna Kusumawati(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Peningkatan penggunaan jejaring sosial facebook sangat menarik untuk diamati terutama di kalangan remaja. Konten jejaring sosial tersebut menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain, sehingga memungkinkan konten pornografi bisa masuk di dalamnya. Hal tersebut akan berpengaruh pada pola perkembangan remaja khususnya sikap dan perilaku seksual mereka. Mengetahui karakteristik penggunaan facebook dalam sikap seksual remaja di Kota Semarang. Penelitian deskriptif
dengan menggunakan pendekatan croscectional. Besar sampel 387 pelajar SMAN di Kota Semarang. Berdasarkan hasil uji statistik mayoritas motif penggunaan untuk integrated and social interaction (41,7%), content yang diakses yaitu grup 1 (63,6%), kesadaran diri dalam akses yaitu sedang (47,9%)
dan sikap seksual lebih permisif (60,7%). Remaja yang memiliki akses jejaring sosial melalui facebook mempunyai kecenderungan untuk merubah respon terhadap seksualnya.
Kata Kunci: facebook, sikap seksual, remaja

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 373 times
PDF - 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id