NUTRIFIKASI MAKANAN JAJANAN DARI BAHAN DASAR TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG TEMPE

Nurhidayah -(1*), Nurrahman -(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Makanan jajanan, disadari atau tidak sudah menjadi bagian yang tidak  terpisahkan dari pola hidup masyarakat di Indonesia. Makanan jajanan  ini sangat beragam jenis dan nilai gizinya.  Pada umumnya makanan  jajanan terutama yang berbasis terigu mengandung kalori yang tinggi  tetapi rendah sekali kandungan proteinnya. Nutrifikasi merupakan cara untuk meningkatkan nilai gizi bahan pangan.
Pada penelitian ini dilakukan penambahan tepung tempe pada makanan  jajanan berbasis terigu (donat) dengan variasi penambahan 5%, 10% ,15% dan 20% serta 0% sebagai control.
Hasil analisa kadar protein menunjukkan semakin banyak penambahan  tepung tempe sernakin tinggi kadar protein makanan jajanan . Analisa  statistic dengan uji anova menunjukkan ada pengaruh penambahan  tepung tempe pada makanan jajanan terhadap kadar proteinnya.
Penilaian organoleptik dengan 25 panelis menunjukkan citarasa yang  paling disukai adalah pada penambahan tepung tempe 15%. Uji Friedman untuk analisa organoleptik menunjukkan tidak ada pengaruh  penambahan tepung tempe pada makanan jajanan (donat).

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2436 times
PDF - 228 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id