PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

Akhmad Fathurohman(1*), Fuad Al Hamidy(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang, adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi yang sedang berupaya menfaatkan tekonologi informasi ini dalam kegiatan belajar mengajarnya, model pembelajaran e-learning mulai diaplikasikan sejak awal perkuliahan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Adapun tujuan penelitian ijni adalah (1) untuk mengetahui model pengembangan pembelajaran e-learing yang dapat dikembangkan pada Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang; (2) untuk mengetahui potensi pendukung yang dapat diupayakan untuk mengembangkan model pembelajaran e-learning di fakultas Kedokteran Unimus; dan (3) diketahui pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Manfaat penelitian, di antaranya adalah memberikan deskripsi model pembelajaran e-learning yang efektif untuk dikembangkan pada Fakultas Kedokteran Unimus, yang dapat dijadikan sebagai masukan untuk upaya-upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kultur akademik yang tinggi pada Fakultas Kedokteran Unimus dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang angkatan tahun 2008/2009. penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Teknik analisis dilakukan dengan menganalisis data yang dihasilkan dari kuesioner menggunakan teknik analisis deskriptif untuk melihat kecenderungan-kecenderungan yang terjadi, sedangkan data yang bersifat kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara dan studi dokumen dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif model interaktif yang secara simultan terdiri dari tahapan: (1) pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk uji model pengembangan pembelajaran e-learning dan pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa universitas Muhammadiyah Semarang, menggunakan model regresi. Simpulan penelitian ini adalah (1) Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang telah memiliki fasilitas teknologi informasi yang cukup baik, namun kapasitas internet (bandwidth) yang masih relatif kecil; (2) Kemampuan dosen dalam memanfatkan teknologi informasi dinilai oleh responden masih relatif kurang baik, bahwa belum semua dosen memanfaatkan teknologi informasi dalam pengelolaan pembelajarannya; (3) Mahasiswa pada umumnya telah cukup aktif memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajarannya; (4) Ada pengaruh yang signifikan ketersediaan fasilitas teknologi informasi, kemampuan dosen memanfaatkan  teknologi informasi, dan keaktifan mahasiswa memanfaatkan teknologi informasi terhadap prestasi belajar mahasiswa FK Unimus (pada mata kuliah Parasitologi).

Kata Kunci: model pembelajaran e-learning, hasil belajar mahasiswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1168 times
PDF - 313 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id