MODEL COX PROPORTIONAL HAZARD dengan Metode Backward untuk Analisis Ketahanan Hidup Pasien Penderita Stroke

Alfisyahrina Hapsery(1*), Izzadin Muhamad Nur Irfan(2), Prizka Rismawati Arum(3)


(1) Program Studi Statistika, Fakultas Sains Teknologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Program Studi Statistika, Fakultas Sains Teknologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(3) Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Stroke adalah penyakit yang disebabkan oleh terhentinya suplai darah ke otak yang menyebabkan otak kehilangan fungsinya. Stroke terjadi ketika pembuluh darah di otak tersumbat, mengakibatkan otak tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup untuk membawa darah ke seluruh tubuh, mengakibatkan kematian sel/jaringan. Faktor risiko stroke dapat dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, dan faktor akibat perilaku tidak sehat seperti hipertensi, diabetes. Berbagai faktor diduga mempengaruhi pasien stroke, oleh karena itu dilakukan pemodelan untuk memastikan faktor-faktor tersebut. Metode yang dapat memberikan informasi untuk menentukan faktor kelangsungan hidup seseorang adalah model regresi cox proporsional hazard. Variabel terikat ditentukan dari jumlah waktu kelangsungan hidup pasien dan jenis pasien yang termasuk data tersensor atau tidak. Dalam penelitian ini, data yang digunakan sebagai variabel terikat adalah lamanya pasien stroke dirawat inap sampai sembuh, atau mengalami suatu kejadian yaitu kekambuhan. Sedangkan variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah umur, jenis kelamin, hipertensi, diabetes, lemas, nyeri, pelo, sulit makan, mual, muntah, demam dan pusing. Hasil pemodelan regresi cox proportional hazard diperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi kekambuhan pasien stroke yaitu variabel diabetes dengan nilai estimasi 1,6696 dan variabel lemas.

Keywords


Analisis Survival, Stroke, Regresi Cox Proportional Hazard

Full Text:

PDF

References


Chandra. N.E. & Rohmaniah, S. A. 2019. Analisis Survival Model Regresi Parameterik lama Studi Mahasiswa. Jurnal Matematika. Vol 9, No 1,. Hal : 1-10.

Kleinbaum, D.G., & Klein, M. 2012. Survival Analysis a Self Learning Text Third Edition. New York: Springer.

Kementrian Kesehatan. 2017. Kebijkan dan Strategi Pencegahan dan Pengendalian Stroke, Tersedia di http://p2ptm.kemkes.go.id/uploads/VHcrbkVobjRzUDN3UCs4eUJ0dVBndz09/2017/10/Kebijakan_dan_Strategi_Pencegahan_dan_Pengendalian_Stroke_di_Indonesia_dr_Lily_Sriwahyuni_Sulistyowati_MM1.pdf . diakses pada 18 Maret 2021

Kementrian Kesehatan RI. 2019. infodatin Stroke “stroke don’t be the one” tersedia di https://www.kemkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin%20stroke%20-%20dont%20be%20the%20one.pdf diakses pada 18 maret 2021.

Ninuk, R & Adi, S. 2012. Analisis Regresi Cox Proportional Hazard Pada Ketahanan Hidup Pasien Diabetes Mellitus (Studi Kasus Di RSUD RAA Soewondo Pati).

Noivia C H, H & Yohanes. 2018. Analisis Survival Dalam Menentukan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Lama Studi Mahasiswa Matematika FMIPA Di Jurusan Matematika Universitas Sam Ratulangi Manado.

Smeltzer & Bare. 2008. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Bunner & Suddarth/ editor, Suzzane C. Smeltzer, Brenda G. Bare ; alih Bahasa, Agung Waluyo, dkk. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 381 times
PDF - 147 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jsunimus.10.1.2022.7-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang

Editorial Office:
Department of Statistics
Faculty Of Mathematics And Natural Sciences
 
Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu No. 18 Semarang Indonesia



Published by: 
Department of Statistics Universitas Muhammadiyah Semarang

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License