METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS UNTUK MENYUSUN STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI PESANTREN SUMATERA UTARA DI ERA NEW NORMAL

Devi Nurtiyasari(1*), Angga Syahputra(2), Ardhina Wijayanti(3)


(1) Program Studi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga
(2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe
(3) Program Studi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesantren, juga dikenal sebagai Islamic boarding school, ada di tengah-tengah masyarakat sebagai lembaga pendidikan Islam dan lembaga penyiaran sosial-agama dan ekonomi. Pesantren memiliki sejarah panjang dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan. Pesantren di Sumatera Utara diperkirakan sudah ada sejak tahun 1912 ketika Pesantren Musthafawiyah Purba Baru didirikan. Data Kementerian Agama Republik Indonesia menunjukkan 183 pesantren di Sumatera Utara yang tersebar di 23 kabupaten/kota pada 2019. Menghadapi era globalisasi di tengah perbaikan ekonomi di era new normal, pesantren harus lebih dinamis tanpa kehilangan karakteristik utamanya, yaitu kemampuan di bidang pengetahuan agama. Optimalnya pemberdayaan ekonomi pesantren di Sumatera Utara akan membuat pesantren memiliki daya saing industri. Merumuskan strategi pemberdayaan ekonomi pesantren di Sumatera Utara diawali dengan mendeskripsikan kendala yang dialami berdasarkan hasil kajian dan observasi di lapangan. Kemudian, berdasarkan kendala tersebut, dirumuskan strategi yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan pemberdayaan ekonomi pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala pesantren dan strategi pemberdayaan dengan menggunakan kajian ilmiah, yaitu dengan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Hasil analisis menggunakan metode ANP diharapkan dapat digunakan untuk merumuskan kebijakan agar lebih fokus. Selain itu, hasilnya diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pesantren dan stakeholder untuk memaksimalkan peran pesantren dalam mengembangkan industri halal dan mendorong pemulihan ekonomi.


Full Text:

PDF

References


Azra, A. (2001). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium. Ciputat: Kalimah.

Dhofier, Z. (1982). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES.

Mursyid. (2011). Dinamika Pesantren Dalam Perspektif Ekonomi. Millah, XI(1), 178

Ningsih, T. R. (2017). Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Melalui Pengembangan Sumber Daya Lokal (Studi pada Pondok Pesantren Daarut Tauhid). Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 3(1), 59.

Kemenag. (2019). Pangkalan Data Pondok Pesantren (PDPP). Retrieved 08 21, 2020, from https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp/statistik

A’la, A. (2006). Pembaharuan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Zazin, U. &. (2011). Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan: Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren. Semarang: Rasail Media Grup.

Hafidh, Z., & Badrudin. (2018). Pesantren dan Kemandirian Perekonomian: Studi tentang Kewirausahaan di Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV Ciamis . Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 260.

Saaty, T. (2007). Time dependent decision making; dynamic priorities in the AHP/ANP: Generalizing from points to functions and from real to complex variables. Mathematical and Computing Modelling Vol. 46, 860-891.

Foundations, R. (2020, 08 28). About. Retrieved from https://www.r-project.org/about.html

Frankie, C. (2019). ahpsurvey. Retrieved from https:/cran.-project.org/web/packages/ahpsurvey/index.html


Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 6 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jsunimus.10.1.2022.15-25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang

Editorial Office:
Department of Statistics
Faculty Of Mathematics And Natural Sciences
 
Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu No. 18 Semarang Indonesia



Published by: 
Department of Statistics Universitas Muhammadiyah Semarang

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License