PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Study pada Putri Kembar Katering Semarang)

Herdjanti Andjar R, Haerudin MT

Abstract




Usaha katering adalah usaha yang mengedepankan kepuasan pelanggan dimana
kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kualitas produk dan harga.
Perusahaan yang mengembangkan dan mempertahankan loyalitasnya terhadap konsumen
akan memperoleh kesuksesan jangka panjang. Loyalitas itu sendiri disebabkan oleh pengaruh
kepuasan atau ketidak puasan konsumen dengan produk atau jasa yang  yang telah
didapatkan. Untuk itu dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas
produk, harga dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelangganPutriKembarKatering. Jumlah
sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 100 orang dengan teknik sampling adalah
accidental sampling. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan uji
regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa seluruh variabel dalam penelitian
yang meliputi kualitasproduk terhadap loyalitas (t=5,729, p=0,000), harga terhadap loyalitas
(t=-4,631, p=0,000)dan kepuasan (t=5,779, p=0,000), (F=51,68, p=0,000) sehingga baik
secara parsial maupun secarasimultanberpengaruhterhadapkeputusan pembelian pada Putri
Kembar Katering, maka secara statistik dinyatakan bahwa semua hipotesis penelitian
diterima.

Keywords


KualitasProduk, Harga, kepuasan, Loyalitas

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

Jurnal Ilmiah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi  Universitas Muhammadiyah Semarang