PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN PERSONALITAS WIRANIAGA DAN KEMENARIKAN MODEL PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Siti Muzarongah, Suwardi ., AM Juma’i

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Kualitas Pelayanan,
Kepercayaan Personalitas Wiraniaga, dan Kemenarikan Model Produk terhadap Loyalitas
Pelanggan MD ACC. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan MD ACC Semarang.
Sampel yang diambil sebanyak 50 responden. Penelitian ini menggunakan metode stratifikasi
sampling. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis linier berganda yang
sebelumnya telah dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan, Kepercayaan
Personalitas Wiraniaga dan Kemenarikan Model Produk secara simultan (bersama-sama)
berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal ini dibuktikan dari nilai Fhitung >
Ftabel atau 8.661 > 2.81 dengan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05 . Dari semua variabel
bebas, Kepercayaan Personalitas Wiraniaga (X2) adalah variabel yang paling berpengaruh
dominan, koefisiennya 0.293 atau 29.3%.
Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi (R²) menunjukkan 36.10% variabel
Loyalitas Pelanggan dapat dijelaskan melalui variabel Kualitas Pelayanan, Kepercayaan
Personalitas Wiraniaga dan Kemenarikan Model Produk. Sedangkan sisanya sebanyak
63.90% dapat dijelaskan melalui variabel lain diluar model penelitian.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Personalitas Wiraniaga, Kemenarikan Model Produk, dan Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

Jurnal Ilmiah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi  Universitas Muhammadiyah Semarang