Pengaruh Atmosfer Toko dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen

Mifta Churrohmah(1*), A.M. Juma’i(2)


(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract



Dengan berjalannya pertumbuhan bisnis ritel di Kota Semarang, menyebabkan semakin tingginya pula tingkat persaingan bisnis ritel yang dihadapi oleh Toko Alfamart Banowati.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atmosfer toko dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak
100 responden dan teknik yang digunakan Purposive Sampling. Data dalam penelitian ini menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh konsumen. Data diperoleh dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji
Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis melalui Uji t dan Uji F, serta analisis Koefisien Determinasi (R2 ). Dari analisis regresi didapat persamaan
sebagai berikut :
Y = 8,693 + 0,247 X1 + 0,210 X2 + e
Variabel atmosfer toko memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap loyalitas
konsumen yaitu sebesar 0,247, dan variabel kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang
rendah sebesar 0,210. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa kedua
variabel independen yang diteliti terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap
variabel dependen. Variabel atmosfer toko menghasilkan nilai thitung sebesar 2.545 > ttabel
1.988 dan variabel kualitas pelayanan nilai thitung sebesar 2.393 >ttabel 1.988. Kemudian hasil
analisis menggunakan uji F yaitu nilai Fhitung 8,496 > Ftabel 3,09. Angka koefisien determinasi
(R2 ) menunjukkan bahwa 14,9%. Sedangkan sisanya 85,1% dijelaskan oleh variabel lain
yang tidak terdapat dalam penelitian ini.


Keywords


Atmosfer Toko, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 164 times
PDF - 4 times

DOI: https://doi.org/10.26714/vameb.v17i1.6939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Address:

Department of Management

Faculty of Economics

University of Muhammadiyah Semarang

Kedungmundu Raya Road No. 18, Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia

 

Contact:

email: [email protected]