TINJAUAN PROBLEMATIKA MERGER PERBANKAN

Suwardi ,-(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Gelombang merger yang melanda berbagai belahan dunia telah menjadi isu disetiap negara. Masing-masing negara melalui pihak otoritas keuangan masing-masing mengintrodusir perbankan untuk melakukan dorongan merger. Dengan keunikan merger yang berbeda-beda dalam proses, motif, insentif yang diterima dan kesiapan pada institusi target, sehingga memiliki implikasi yang beragam.

Variasi yang menjadi keunikan merger  yang menjadi kecenderungan di USA bank besar dengan besar dalam ukuran melakukan merger, sedangkan ukuran bank yang kecil berkecenderungan untuk diakuisisi. Implementasi di Malaysia berkecenderungan merger dilakukan secara sukarela. China dorongan melakukan merger kurang mendapat apresiasi disebabkan bank swasta di China telah  merasa sangat menguntungkan dengan leverage finansial yang dimilki. Sedangakan di Indonesia alasan ditekankan untuk menuju perbankan yang sehat, dalam implementasinya sering menemukan perbankan pasca merger yang bermasalah dengan  akumulasi kronik tingkat kesehatan bank, sehingga diprediksi sulit untuk merealisasikan potensi keuntungan merger tersebut.

Menurut Arsitektur Perbankan Indonesia (API 2005)  target Bank Indonesia selalu menekankan merger antar bank, sehingga perbankan Indonesia membentuk kualifikasi yang mengerucut dengan struktur perbankan sebagai berikut : 2 sampai 3 bank dalam skope internasional dengan modal > Rp. 50 triliun,  20 S.D 30 bank skope nasional dengan modal Rp. 10 T s.d.  Rp. 50 triliun, 30 s.d. 50 bank yang kegiatan usahanya terfokus pada segmen tertentu sesuai dengan kapabilitas dan kompetensi masing-masing bank dengan modal antara Rp. 100 miliar sampai Rp 10 triliun, BPR dan bank dengan kegiatan usaha terbatas, modal <Rp. 100 miliar.

Kata kunci : efisiensi, profitabilitas, sinergi operasi, sinergi finansial, kreasi nilai


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 239 times
PDF - 37 times

DOI: https://doi.org/10.26714/vameb.v6i2.709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Address:

Department of Management

Faculty of Economics

University of Muhammadiyah Semarang

Kedungmundu Raya Road No. 18, Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia

 

Contact:

email: [email protected]