PENGARUH EMPOWERING LEADERSHIP, SELF EFFICACY, DAN ORGANIZATIONAL CULTURE TERHADAP EMPLOYEE PERFORMANCE

Aditya Wahid Nur(1), Christina Yanita Setyawati(2*), Teofilus Teofilus(3)


(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Manajemen dan Bisnis, Universitas Ciputra
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Manajemen dan Bisnis, Universitas Ciputra
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Manajemen dan Bisnis, Universitas Ciputra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh empowering leadership, self efficacy, dan organizational culture terhadap employee performance CV. Berlian Garmen. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel empowering leadership, self efficacy dan organizational culture sebagai variabel bebas dan variabel employee performance sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif regresi linear berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik sampel jenuh, sehingga sampel yang digunakan adalah keseluruhan karyawan CV. Berlian Garmen yang berjumlah 82 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa variabel empowering leadership, self efficacy, dan organizational culture berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap employee performance CV. Berlian Garmen.


Keywords


Employee Performance; Empowering Leadership; Organizational Culture; Self Efficacy

Full Text:

PDF

References


Amundsen, S., & Martinsen, Ø. L. (2014). Self–Other Agreement in Empowering Leadership: Relationships with Leader Effectiveness And Subordinates' Job Satisfaction And Turnover Intention. The Leadership Quarterly, 25(4), 784-800.

Brahmasari, I. A., & Suprayetno, A. (2008). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Serta Dampaknya Pada Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Pt. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10(2), 124-135.

Brainly. (2016). Sejarah Pertekstilan di Indonesia [Online]. https://brainly.co.id/tugas/5260294, diakses pada 25 September 2020)

Luthans, F., Avey, J. B., Avolio, B. J., Norman, S. M., & Combs, G. M. (2006). Psychological Capital Development: Toward A Micro‐Intervention. Journal Of Organizational Behavior: The International Journal Of Industrial, Occupational And Organizational Psychology And Behavior, 27(3), 387-393.

Septiadi, S. A., Sintaasih, D. K., & Wibawa, I. M. A. (2017). Pengaruh Keterlibatan Kerja Terhadap Kinerja Dengan Pemediasi Komitmen Organisasional. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(8), 3103-3132.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV


Article Metrics

Abstract view : 362 times
PDF - 4 times

DOI: https://doi.org/10.26714/vameb.v18i1.9644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Address:

Department of Management

Faculty of Economics

University of Muhammadiyah Semarang

Kedungmundu Raya Road No. 18, Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia

 

Contact:

email: [email protected]