STUDI KASUS: KONSEP PENENTUAN BILANGAN OKSIDASI PADA BUKU PAKET KIMIA SMA/MA DI INDONESIA

Rahmat Basuki

Abstract


Telah dilakukan penelitian mengenai studi kasus konsep penentuan bilangan oksidasi pada buku paket kimia SMA/MA di Indonesia. Objek kajian adalah 9 buku paket yang banyak dipakai di SMA/MA di Indonesia. Metode yang dipakai adalah deskriptif analisis dimana objek kajian akan dianalisis dan dibandingkan dengan teori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya buku paket di Indonesia menggunakan pendekatan yang sama untuk menentukan bilangan oksidasi atom, yaitu dengan aturan-aturan penentuan bilangan oksidasi. Namun, tidak semua atom dalam senyawa dapat ditentukan bilangan oksidasinya menggunakan aturan-aturan tersebut. Senyawa-senyawa ini muncul pada soal latihan/uji kompetensi. Hal ini hanya dapat diselesaikan menggunakan pendekatan yang lebih fundamental. Konsep bilangan oksidasi sangat berkaitan dengan elektronegatifitas, ikatan kimia dan muatan formal. Keterkaitan antar konsep ini dan perbandingannya dengan objek kajian akan dibahas secara kritis dalam artikel ini


Keywords


Studi kasus; Konsep bilangan oksidasi; Buku paket kimia SMA/MA

Full Text:

PDF

References


Canham, J.R., dan Overton, T. (2010). Descriptive inorganic chemistry fifth edition. New York: W. H. Freeman and Company.

Miessler, G.L., Fischer, P.J., dan Tarr, D.A. (2014). Inorganic chemistry fifith edition. New York: Pearson Education, Inc.

Harnanto, A., dan Ruminten. (2009). Kimia 1: untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Mann, J.B., Meek, T.L., dan Allen, L.C. (2000). Configuration energies of the main group elements. Journal of the American Chemical Society, 122 (12). 2780-2783.

Muchtariadi. (2016). Kimia 1 SMA kelas X (edisi revisi 2016). Jakarta: Yudhistira.

Parkin, G. (2006). Valence, oxidation number, and formal charge: three related but fundamentally different concept. Journal of Chemical Education, 83(5), 791-799.

Pauling, L., (1960). The nature of the chemical bond 3rd edition. New York: Cornell University Press.

Permana, I. (2009). Memahami kimia 1: SMA/MA untuk kelas X semester 1 dan 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Purba, M., (2015). Kimia 1: untuk SMA/MA kelas X (kelompok peminatan matematika dan ilmu alam) K2013. Jakarta: Erlangga.

Setyawati, A.A. (2009). Kimia mengkaji fenomena alam untuk kelas X SMA/MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sorensen, J.B., Lewin, A.H., dan Bowen, J.P. (2003). An ab initio study of the electrostatic of protonated amines: application to the molecular mechanics (MM3) force field. Journal of Molecular Stucture (Theochem), 623 (2), 145-158.

Sudarmo, U., dan Sariwati, E., (2015). Buku siswa: kimia untuk SMA/MA kelas X (kelompok peminatan matematika dan ilmu alam) K2013. Jakarta: Erlangga.

Sunarya, Y. (2009). Mudah dan aktif belajar kimia 1: untuk kelas X SMA/MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Utami, B., Saputro, A.N.C., Mahardiani, L., Yamtinah, S., dan Mulyani, B. (2009). Kimia 1: untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Watoni, H., Kurniawati, D., dan Juniastri, M. (2016). Kimia untuk SMA/MA kelas X kelompok peminatan matematika dan ilmu-ilmu alam. Bandung: Yrama Widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.22, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231 
    email: jps@unimus.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education of Unimus in collaboration with Unimus Press