PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA\MA KELAS X

siti jamilah(1*), Agus Kamaludin(2)


(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to develop teacher’s guidebook oriented by Chemo Entrepreneurship on chemical bonding material also analyze its quality by teacher response. This research was a research and development with the 4-D model (define, design, develop, and disseminate) and limited to the develop stage. The data were collected using validation sheets, quality assessment questionnaire sheets and teacher response questionnaire sheets. The results of research showed that the development of Chemo-Entrepreneurship-oriented teacher’s guidebook on chemical bonding material consists of introductions, learning competencies, learning scenarios, and learning assessments. The quality of the developed book obtained the score of 86,11% (Very Good Category) and well positive response on 92,5%.

Full Text:

PDF

References


Barus, G. (2015). Menakar hasil pendidikan karakter terintegrasi di SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan , 34(2), 222-233.

BPS. (2018). Tingkat Pengangguran Terbuka (TBT) sebesar 5,13 persen, rata-rata upah buruh per bulan sebesar 2,65 juta rupiah. (2018). Retrieved from BPS: https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/05/07/1484/februari-2018--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-13-persen--rata-rata-upah-buruh-per-bulan-sebesar-2-65-juta-rupiah.html.

Chang, R. (2005). Kimia dasar: Konsep-konsep inti jilid I. (M. A.

Martoprawiro, Indra Noviandri, Deana Wahyuningrum, Buchari, Ismunandar, Hiskia Achmad, . . . Hidayat Muchsinuddin, Trans.) Jakarta: Erlangga.

Haris, M., & Al Idrus, S. W. (2011). Analisis kesulitan belajar ikatan kimia ditinjau dari kesalahan konsep siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar MIPA, 5(2), 77-80.

Haris, M., Muntari, & Loka, I. N. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran kimia dengan model pembelajaran kooperatif terpadu numbered head together dan two stay two stray dalam upaya mengatasi kesulitan belajar siswa kelas X SMA memahami konsep-konsep kimia. Jurnal Pijar MIPA, 9(1), 26-31.

Haryani, S., Prasetya, A. T., & Saptarini. (2014). Identifikasi materi ikatan kimia SMA sulit menurut pandangan guru dan calon guru. Prossiding, Seminar Kimia dan Pendidikan kimia. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Lestari, A. (2017). Pengembangan modul kimiaberbasis inkuiri terbimbing berorientasi chemo-entrepreneurship pada materi sifat koigafi larutan SMA/MA kelas X semester ganjil. skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Milla, H. (2013). Pendidikan kewirausahaan: Sebuah alternatif mengurangi pengangguran terdidik dan pencegahan korupsi. Jurnal Al-Ta'lim, 1(6), 465-471.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: Rosda.

Napitupulu. (2013). Wajib pendidikan kewirausahaan di SMA. Retrieved juli 1, 2018, from kompas: https://tekno.kompas.com/read/2013/02/27/08461982/wajib.pendidikan.kewirausahaan.di.sma.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 65 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru Kurikulum 2013 Kelompok Peminatan Pendidikan Menengah yang Memenuhi Syarat Kelayakan untuk Digunakan dalam

Pembelajaran. Jakarta: Permendikbud.

Permendiknas. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 2 tentang Buku. Jakarta: Permendinas.

Purwati, L. E., & Amri, S. (2013). Panduan memahami kurikulum 2013: Sebuah inovasi struktur kurikulum penunjang pendidikan masa depan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rahmawanna, Adlim, & Halim, A. (2016). Pengaruh penerapan pendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) terhadap sikap siswa pada pelajaran kimia dan minat berwirausaha. Jurnal pendidikan sains Indonesia, 4(2), 113-117.

Smith, K. C., & Nakhleh, M. B. (2011). University student's conceptions of bonding in melting and dissolving phenomena. Chemistry Education Research Practice, 12, 398-408.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo, & Sari, L. P. (2007). Penelitian Hasil Belajar Kmia. Yogyakarta: UNY Press.

Supartono. (2006). Chemo-entrepreneurship (CEP) sebagai pendekatan pembelajaran kimia inovatif dan kreatif. Seminar Nasional Matematika dan Ilmu Pengethuan Alam. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Training of Trainer (TOT) Kewirausahaan Tahun 2011 www.dikti.go.id

Wiguna, V. I. (2013). Analisis Pengaruh PDRB pendidikan dan pengangguran terhadap kemiskinan di provinsi Jawa Tengah tahun 2005-2010. Jurnal Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.


Article Metrics

Abstract view : 1419 times
PDF - 267 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.7.1.2019.36-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231
    email: jps@unimus.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University