PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA\MA KELAS X
(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Barus, G. (2015). Menakar hasil pendidikan karakter terintegrasi di SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan , 34(2), 222-233.
BPS. (2018). Tingkat Pengangguran Terbuka (TBT) sebesar 5,13 persen, rata-rata upah buruh per bulan sebesar 2,65 juta rupiah. (2018). Retrieved from BPS: https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/05/07/1484/februari-2018--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-13-persen--rata-rata-upah-buruh-per-bulan-sebesar-2-65-juta-rupiah.html.
Chang, R. (2005). Kimia dasar: Konsep-konsep inti jilid I. (M. A.
Martoprawiro, Indra Noviandri, Deana Wahyuningrum, Buchari, Ismunandar, Hiskia Achmad, . . . Hidayat Muchsinuddin, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Haris, M., & Al Idrus, S. W. (2011). Analisis kesulitan belajar ikatan kimia ditinjau dari kesalahan konsep siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar MIPA, 5(2), 77-80.
Haris, M., Muntari, & Loka, I. N. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran kimia dengan model pembelajaran kooperatif terpadu numbered head together dan two stay two stray dalam upaya mengatasi kesulitan belajar siswa kelas X SMA memahami konsep-konsep kimia. Jurnal Pijar MIPA, 9(1), 26-31.
Haryani, S., Prasetya, A. T., & Saptarini. (2014). Identifikasi materi ikatan kimia SMA sulit menurut pandangan guru dan calon guru. Prossiding, Seminar Kimia dan Pendidikan kimia. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Lestari, A. (2017). Pengembangan modul kimiaberbasis inkuiri terbimbing berorientasi chemo-entrepreneurship pada materi sifat koigafi larutan SMA/MA kelas X semester ganjil. skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Milla, H. (2013). Pendidikan kewirausahaan: Sebuah alternatif mengurangi pengangguran terdidik dan pencegahan korupsi. Jurnal Al-Ta'lim, 1(6), 465-471.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: Rosda.
Napitupulu. (2013). Wajib pendidikan kewirausahaan di SMA. Retrieved juli 1, 2018, from kompas: https://tekno.kompas.com/read/2013/02/27/08461982/wajib.pendidikan.kewirausahaan.di.sma.
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 65 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru Kurikulum 2013 Kelompok Peminatan Pendidikan Menengah yang Memenuhi Syarat Kelayakan untuk Digunakan dalam
Pembelajaran. Jakarta: Permendikbud.
Permendiknas. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 2 tentang Buku. Jakarta: Permendinas.
Purwati, L. E., & Amri, S. (2013). Panduan memahami kurikulum 2013: Sebuah inovasi struktur kurikulum penunjang pendidikan masa depan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Rahmawanna, Adlim, & Halim, A. (2016). Pengaruh penerapan pendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) terhadap sikap siswa pada pelajaran kimia dan minat berwirausaha. Jurnal pendidikan sains Indonesia, 4(2), 113-117.
Smith, K. C., & Nakhleh, M. B. (2011). University student's conceptions of bonding in melting and dissolving phenomena. Chemistry Education Research Practice, 12, 398-408.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardjo, & Sari, L. P. (2007). Penelitian Hasil Belajar Kmia. Yogyakarta: UNY Press.
Supartono. (2006). Chemo-entrepreneurship (CEP) sebagai pendekatan pembelajaran kimia inovatif dan kreatif. Seminar Nasional Matematika dan Ilmu Pengethuan Alam. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Training of Trainer (TOT) Kewirausahaan Tahun 2011 www.dikti.go.id
Wiguna, V. I. (2013). Analisis Pengaruh PDRB pendidikan dan pengangguran terhadap kemiskinan di provinsi Jawa Tengah tahun 2005-2010. Jurnal Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Article Metrics
Abstract view : 1550 timesPDF - 284 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jps.7.1.2019.36-46
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
EXECUTIVE OFFICE
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY
Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (024)76740231, 76740231
email: jps@unimus.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University