Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Gizi?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN NASKAH

JURNAL GIZI UNIMUS

 

A. FORMAT

            Seluruh bagian dari naskah narasi diketik pada kertas HVS ukuran kuarto, batas atas, bawah, dan samping masing-masing 2,5 cm. Huruf yang digunakan adalah Times New Roman dengan ukuran font 12, dengan spasi 1,5 dan tidak bolak balik. Gambar dan tabel dari publikasi sebelumnya dapat dicantumkan apabila mendapat persetujuan dari penulisnya. Publikasi ilmiah ditulis maksimal 10 halaman dengan susunan 2 kolom dalam satu halaman (± 3000 karakter) termasuk gambar dan tabel. Susunan naskah hasil penelitian dibuat sebagai berikut :

 

  1. JUDUL

Penulisan judul menggunakan bahasa Indonesia. Judul dicetak dengan huruf besar pada awal kata (kecuali kata sambung) dengan tipe Times New Roman ukuran font 14 dan menggunakan satu spasi dan cetak tebal. Judul artikel ditulis singkat dan informative sehingga mampu menerangkan isi tulisan dengan jumlah kata maksimal 15 kata.

  1. NAMA DAN INSTITUSI PENULIS

Pada penulisan nama semua nama yang terlibat harus di tulis lengkap tanpa ada singkatan, tanpa pangkat, kedudukan, dan gelar akademik. Pada bagian atas nama belakang masing-masing penulis diberikan kode angka (1,2,3,…). Pemberian alamat korespodensi pada bagian bawah nama masing-masing penulis dengan mengikuti kode angka diatas dan alamat email lembaga yang memungkinkan terjadi korespodensi dengan ilmuwan lain. Penulisan nama dan institusi menggunakan Times New Roman ukuran font 12.

  1. ABSTRAK

Abstrak merupakan ringkasan yang lengkap dan menjelaskan keseluruhan isi artikel ilmiah. Abstrak ditulis sebaik mungkin agar pembaca dapat menangkap isi artikel tanpa harus mengacu ke artikel selengkapnya. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dengan judul “ABSTRACT”, maksimal 200 kata dalam satu paragraph. Pengetikan menggunakan huruf miring dengan spasi tunggal. Abstrak berisi Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil, dan kesimpulan, tanpa harus memberikan keterangan terperinci dari setiap bab. Abstrak tidak mencantumkan tabel, ilustrasi, rujukan dan singkatan. Untuk menghemat kata, jangan mengulang judul dalam abstrak.

  1. KATA KUNCI

Kata kunci adalah kata-kata yang mengandung konsep pokok yang dibahas dalam artikel. Kata kunci dengan judul “key words” sebanyak 3-6 kata ditulis dalam bahasa inggris diletakkan dibawah abstract dalam satu baris dan cara pengurutannya dari yang spesifik ke umum. Kata kunci yang baik dapat mewakili topik yang dibahas dan digunakan untuk mengakses lewat komputer oleh pembaca.

  1. TABEL, GAMBAR, DAN FOTO

Gambar, tabel dan foto dapat dicantumkan untuk melengkapi naskah. Oleh karena itu harus diberi keterangan yang jelas dan lengkap. Foto dicetak ada kertas putih mengkilap. Maksimal mencantumkan lima buah foto dalam satu artikel. Biaya cetak ditanggung penulis.

  1. DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka ditulis memakai system nama dan disusun secara abjad. Beberapa contoh :

Jurnal :

 

Drewnowski, Clayton. 1999. Food Preverences and Reported Frequencies of Food Consumption as Predictors of Current Diet in Young Women. Am J Clin Nutr. Vol 70. 28-36.

Buku :

Moehyi. 2002. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: PT. Gramedia.

Prodising :

Rosidi A dan Syamsianah A. 2012. Optimalisasi Perkembangan Motorik Kasar dan Ukuran Antropometri Anak Balita di Posyandu “Balitaku Sayang” Kelurahan Jangli Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Di dalam: Prosiding Seminar Hasil-hasil Penelitian. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UNIMUS, 15 Agustus 2012.hlm 163-170.

            Skripsi/Tesis/Disertasi :

Sulistya H.K. 2007. Faktor Determinan Kejadian Gizi Kurang Anak Usia 2-5 Tahun di Desa Pulutan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. (Skripsi). Semarang. Universitas Diponegoro.

Informasi dari internet :

Annisa M. 2005. Membiasakan Anak Gemar Sayuran dan Buah-buahan. cited at 2 April 2005.http://www.ent.iastate.edu/ensoc/ncb99/prog/abs/D81.html.

 

B. KETENTUAN UMUM

 

  1. Naskah yang dikirim belum pernah diterbitkan, berupa hasil penelitian atau kajian pustaka yang ditambah pemikiran penerapannya pada kasus tertentu dengan topic yang actual dalam lingkup pangan dan gizi.
  2. Penulis mengirimkan naskah dalam bentuk hard copy rangkap 2 dan soft copy dalam CD atau melalui email: hapsa31@yahoo.co.id atau jurnalgizi@unimus.ac.id
  3. Jadwal penerbitan adalah bulan April dan November.

Naskah jurnal untuk edisi yang akan terbit, paling lambat diterima oleh redaksi tiga (3) bulan sebelum jadwal penerbitan. Naskah akan dikoreksi oleh mitra bestari yang akan dijadikan dewan redaksi sebagai dasar dalam memutuskan diterima atau tidaknya naskah.


Pedoman Jurnal Gizi

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.