HUBUNGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN BSL-2 TERHADAP RISIKO K3 DI LABORATORIUM RSUD dr. SLAMET KOTA GARUT SELAMA PANDEMI

Toeti Rahajoe(1*)


(1) Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Kesehatan dan keselamatan kerja adalah pemeliharaan tingkat tertinggi kesejahteraan fisik, mental dan sosial di mana ada pencegahan, pengurangan dan perlindungan pekerja dari risiko. Coronavirus disease 2019 pertama kali dilaporkan muncul di Wuhan, China pada akhir tahun 2019. Penyuluhan dan pelatihan merupakan salah satu mekanisme dalam mengatasi risiko kesehatan dan keselamatan kerja. Ketidakpatuhan terhadap APD dapat mengakibatkan kejadian yang tidak terduga dan tidak terduga yang dapat mengakibatkan hilangnya waktu, harta benda, atau harta benda serta hilangnya nyawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian penggunaan alat pelindung diri terhadap risiko kesehatan dan keselamatan kerja. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan observasi analitik. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling sebanyak 19 orang ATLM di RSUD dr. Slamet Kota Garut. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik Fisher's Exact Test. Hasil penelitian yang dilakukan responden berjenis kelamin laki-laki yang datang 10 orang (52,6%), responden berjenis kelamin perempuan diperoleh 9 orang (47,4%), responden dengan tingkat pendidikan D-III sebanyak 13 orang (68,4) %), D IV 4 orang (21,1%) dan S-1 adalah 2 orang (10,5%). Tingkat kepatuhan penggunaan APD terhadap risiko kesehatan dan keselamatan kerja sebanyak 8 orang (42,1%), sedangkan ATLM mengalami risiko kesehatan dan keselamatan kerja sebanyak 14 orang (73,6%). Uji statistik Fisher's Exact Test menunjukkan nilai p= 0,111 dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu 0,111 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara kepatuhan penggunaan biosafety level-2 terhadap risiko kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium RSUD dr. Slamet Kota Garut selama masa pandemi.

Keywords


Kepatuhan, K3, Covid-19, APD, ATLM

Full Text:

PDF

References


Azzahri, M. L., & Ikhwan, K. (2019). Hubungan Pengetahuan Tentang Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Dengan Kepatuhan Penggunaan APD Pada Perawat di Puskesmas Kuok, PREPOTIF. Kesehatan Masyarakat, 3(1), 50–57.

Dewan Pimpinan Pusat, PATELKI. 2021. Jaminan Perlindungan dan Keselamatan Kerja ATLM. Organisasi Profesi PATELKI. Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Pedoman Biorisiko Laboratorium Institusi. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB) Anggota IKAPI. Jakarta.

Kurniawati, J., 2015. Hubungan Praktik Penerapan Standart Operating Prosedure (SOP) dan Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Perawat Unit Perinatalogi di RSUD Tugurejo Semarang. KTI. Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Nurdiani, C. U., & Krianto, T. (2019). Kepatuhan penggunaan alat pelindung diri (APD) di laboratorium pada mahasiswa Prodi Diploma Analis Kesehatan Universitas Mh Thamrin. Ilmiah Kesehatan, 11(2), 88–93.

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI)., 2020. Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia. Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Jakarta. 40. 2. pp.121-122.

Purnawarman, A. 2020. Pedoman Manajemen Biorisiko Laboratorium Terkait Covid-19. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

Wijayanti, Winarsunu, T. 2020. Psikologi Keselamatan Kerja. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang


Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jlabmed.6.2.2022.41-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Toeti Rahajoe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats
Program Studi Teknologi Laboratorium Medik Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung Laboratorium Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740295
Email: jlabmed@unimus.ac.id