PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFICT PEDAGOGY FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP ILMIAH SISWA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan SSP fisika berbasis guided inquiry, dan 2) mengatahui pengaruh penerapan SSP fisika berbasis guided inquiry terhadap peningkatkan keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
yang menggunakan model 4D. Tahap penelitian ini meliputi define, design, dan develop. Subjek uji coba adalah siswa SMA N 9 Yogyakarta yang terdiri dari enam siswa untuk uji terbatas dan 61 siswa untuk uji coba lebih luas (eksperimen dan kontrol). Instrumen pengumpulan data yang
digunakan adalah lembar validasi, angket respon siswa, lembar keterlaksanaan RPP, tes keterampilan proses, dan angket sikap ilmiah. Data hasil validasi dan respon siswa dianalsis secara deskriptif. Data keterampilan proses dan sikap ilmiah dianalisis dengan uji MANOVA. Hasil
penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) SSP yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKS, dan lembar penilaian keterampilan proses serta sikap ilmiah. SSP fisika berbasis guided inquiry berdasarkan hasil penilaian ahli, guru fisika, teman sejawat, dan hasil uji coba lapangan dinyatakan
layak digunakan dalam pembelajaran fisika; dan 2) penerapan SSP fisika berbasis guided inquiry berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa.
Kata kunci: SSP, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah
yang menggunakan model 4D. Tahap penelitian ini meliputi define, design, dan develop. Subjek uji coba adalah siswa SMA N 9 Yogyakarta yang terdiri dari enam siswa untuk uji terbatas dan 61 siswa untuk uji coba lebih luas (eksperimen dan kontrol). Instrumen pengumpulan data yang
digunakan adalah lembar validasi, angket respon siswa, lembar keterlaksanaan RPP, tes keterampilan proses, dan angket sikap ilmiah. Data hasil validasi dan respon siswa dianalsis secara deskriptif. Data keterampilan proses dan sikap ilmiah dianalisis dengan uji MANOVA. Hasil
penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) SSP yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKS, dan lembar penilaian keterampilan proses serta sikap ilmiah. SSP fisika berbasis guided inquiry berdasarkan hasil penilaian ahli, guru fisika, teman sejawat, dan hasil uji coba lapangan dinyatakan
layak digunakan dalam pembelajaran fisika; dan 2) penerapan SSP fisika berbasis guided inquiry berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa.
Kata kunci: SSP, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 425 timesPDF - 277 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jps.2.2.2014.20-35
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Sains | Pendidikan Kimia
EXECUTIVE OFFICE
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY
Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (024)76740231, 76740231
email: jps@unimus.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University