PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MODUL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP JAMUR

Musriadi -, Rubiah -

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kualitas kemampuan siswa dalam melakukan pemecahan masalah, meningkatkan kualitas proses pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi melalui penerapan model problem based learning berbasis modul.
Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Kota Banda Aceh pada tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan siswa melakukan pemecahan masalah, meningkatan kualitas proses pembelajaran yang ditinjau dari aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I dan II berturut-turut adalah 66,74 dan 71,41. Sebagian besar siswa memberikan respon positif dan berharap agar model problem based
learning dengan berbasis modul dapat dilanjutkan dan dikembangkan pada mata pelajaran biologi konsep jamur.
Kata kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar dan modul

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 432 times
PDF - 144 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.2.2.2014.36-43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Sains | Pendidikan Kimia



EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.22, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231 
    email: jps@unimus.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education of Unimus in collaboration with Unimus Press