IDENTIFIKASI PENGGUNAAN BAHAN AJAR PADA SMK KESEHATAN BAKTI INDONESIA MEDIKA

Beta Wulan Febriana(1*), - Ashadi(2), - M. Masykuri(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang digunakan pada SMK Kesehatan
Bakti Indonesia Medika kelas XI pada materi senyawa hidrokarbon dan turunannya. Komponenkelayakan yang diteliti meliputi, kelayakan isi, penyajian, bahasa dan keterbacaan serta kegrafisanPenelitian yang dilakukan mengikuti penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupangket kelayakan dan hasil wawancara. Bahan ajar yang digunakan dinilai oleh 10 guru SMK. Hasdari penelitian ini yakni bahan ajar yang digunakan di SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika adalamodul yang terintegrasi dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Kelayakan bahaajar yang berupa modul ini diperoleh sebesar 3.39 dengan kriteria “Baik”.  
 
Kata Kunci: PBL (Problem Based Learning), modul kimia, hidrokarbon, motivasi berprestasi.  
 



Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 539 times
PDF - 235 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.3.2.2015.64-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Sains | Pendidikan Kimia



EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231
    email: jps@unimus.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University