PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS HSPS DIPADUKAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA XI IPA SMA KRISTEN PETRA MALANG
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendidikan menjadi salah satu tonggak dasar pengendalian pola perkembangan era global. Biologi
sebagai bagian dari sains harus mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan hakikat sains. Namun kenyataannya guru dan siswa cenderung fokus pada pencapaian nilai kognitif yang tinggi dibandingkan keterampilan sains. Solusi pembelajaran dengan mengembangkan modul berbasis Home Science Process Skill (HSPS) yang merupakan pengorganisasian materi pembelajaran yang mengembangkan keterampilan proses sains berbasis kehidupan sehari-hari (daily life) dan dapat
dilakukan oleh siswa di rumah dengan bimbingan guru. Pengembangan modul pembelajaran telah
mendapatkan respon positif dari ahli dan juga siswa dengan kriteria valid tanpa revisi. Keterampilan
proses sains berhasil meningkat dari 71,31% menjadi 78,77%. Keunggulan pembelajaran ini adalah:
adanya peran teknologi informasi, peran orang tua, sumber belajar variatif, kontekstual, berbasis
proyek, siswa mengembangkan produk nyata.
Kata kunci: modul pembelajaran biologi, home science process skill dipadukan blended learning, keterampilan proses sains
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 908 timesPDF - 1270 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.1-5
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Gamaliel Septian Airlanda
EXECUTIVE OFFICE
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY
Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (024)76740231, 76740231
email: jps@unimus.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University