PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN ANALISIS SISWA

Ika Candra Sayekti(1*)


(1) FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya: (1) perbedaan pengaruh
pembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing melalui metode eksperimen dan
demonstrasi; (2) perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki kemampuan analisis tinggi dan
rendah; (3) interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan analisis siswa. Penulis
menggunakan metode kuasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMPN 14 Surakarta. Populasi
adalah siswa kelas delapan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes, kuisioner, dan observasi. Analisis data menggunakan anava dua jalan. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan pengaruh pembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing melalui metode eksperimen dan demonstrasi; (2) tidak
ada perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki kemampuan analisis tinggi dan rendah; (3) tidak
ada interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan analisis siswa

Kata kunci: inkuiri terbimbing, eksperimen, demonstrasi, kemampuan analisis


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 670 times
PDF - 789 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.6-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ika Candra Sayekti



EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231
    email: jps@unimus.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University