PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN ANALISIS SISWA
(1) FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya: (1) perbedaan pengaruh
pembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing melalui metode eksperimen dan
demonstrasi; (2) perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki kemampuan analisis tinggi dan
rendah; (3) interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan analisis siswa. Penulis
menggunakan metode kuasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMPN 14 Surakarta. Populasi
adalah siswa kelas delapan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes, kuisioner, dan observasi. Analisis data menggunakan anava dua jalan. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan pengaruh pembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing melalui metode eksperimen dan demonstrasi; (2) tidak
ada perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki kemampuan analisis tinggi dan rendah; (3) tidak
ada interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan analisis siswa
Kata kunci: inkuiri terbimbing, eksperimen, demonstrasi, kemampuan analisis
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 670 timesPDF - 789 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.6-16
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Ika Candra Sayekti
EXECUTIVE OFFICE
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY
Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (024)76740231, 76740231
email: jps@unimus.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University