KAJIAN INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI DENGAN KIMIA DALAM MATERI KIMIA KARBON

Anjar Purba Asmara(1*)


(1) UIN Ar-Raniry Banda Aceh
(*) Corresponding Author

Abstract


Kajian tentang nilai-nilai karakter Islami yang terkandung di dalam kimia karbon telah dilakukan melalui penggalian muatan-muatan filosofi dalam materi kekhasan atom karbon, ikatan dalam senyawa karbon, klasifikasi, dan reaksi dalam senyawa karbon. Kajian ini mengintegrasikan nilai-nilai karakter Islami untuk menguatkan dan dikuatkan oleh gagasan utama yang diangkat dalam kimia karbon. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik analisis isi, analisis dengan pendekatan filosofis, analisis dengan model triadik, dan analisis dengan pola konfirmasi. Hasil yang diperoleh dari kajian ini adalah:(1) berzikir kepada Allah SWT dalam materi kekhasan atom karbon dengan 4 elektron valensi, (2) menjaga silaturahmi dari sifat atom karbon yang dapat berkatenasi, (3) senang bersedekah dan menolong dari ikatan kimia karbon, (4) bijak dan adil saat menjumpai perbedaan dari materi klasifikasi senyawa karbon, (5) memperbaiki diri dan meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat dari reaksi substitusi, (6) ikhlas dalam membantu orang lain dari reaksi adisi, (7) sabar dan berserah diri pada Allah SWT dari reaksi eliminasi.

Keywords


nilai karakter Islami, kimia karbon, integrasi, filosofi

Full Text:

PDF

References


Afdhilla, Zulfan. Tafsir Surat al-Hujurat 13. Diakses tanggal 6 Agustus 2016 jam 23:54 WIB dari http://www.zulfanafdhilla.com/2013/02/tafsir-surat-al-hujurat-ayat-13.html

Al-Atsari, Syaikh Ali bin Hasan al-Halabi. (2010). Persatuan dalam Islam. Diakses pada 12 Agustus 2016 jam 03:10 dari https://almanhaj.or.id/2651-persatuan-dalam-islam.html

Al-quranur Kariim.

Amanatie. Buku Pegangan Mahasiswa Biologi Kimia Umum. Diakses pada 10 Agustus 2016 jam 04:01. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/dr-amanatie-mpd-msi/buku-kimia-umum-biologi-pdf-resmi.pdf

Asih WidiWisudawati. (2015). Pengembangan Instrumen Three-Tier Test untuk Mengeidentifikasi Representasi Mikroskopis Perubahan Wujud Air sebagai Alternatif Assesment Integrasi Islam-Sains (A Preliminay Study). Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia VII. Surakarta: FKIP UNS.

Asmara, Anjar Purba dan Nurhayati. (2015). Kajian Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Hukum Termodinamika. Prosiding Seminar Nasional IPA dan Pendidikan IPA di PPs Unsyiah. Banda Aceh: Unsyiah.

Baqi, Muhammad Fuad Abdul. Mutiara Hadits Shahih Bukhari Muslim. Surabaya: Bina Ilmu.

Fessenden dan Fessenden. (1982). Kimia Organik Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Hardinger, Steven dan Paula Bruice.Elimination Reactions: E2 and E1. Diakses pada 9 Agustus 2016 jam 00:10 WIB dari http://www.chem.ucla.edu/~harding/notes/notes_14D_elimination.pdf

James. What makes a good leaving group? Diakses pada Agustus jam 07:28 WIB dari http://www.masterorganicchemistry.com/2011/04/12/what-makes-a-good-leaving-group/

Lovat, Terence, Neil Hawkes, Values Education: A Pedagogical Imperative for Student Wellbeing. Educational Research International, Vol. 2 (2), 1-6.

Lubis, Maimun Aqsha, Ramlee Mustapha, dan Abdullah Awang Lampoh. (2009). Integrated Islamic Education in Brunei Darussalam: Philosophical Issues and Challenges. Journal of Islamic and Arabic Education 1(2). Hal 51-60.

Mulyono.(2011). Model Integrasi Sains dan Agama dalam Pengembangan Akademik Keilmuan UIN.Jurnal Penelitian Keislaman, Vol. 7 (2), 319-338.

Mustapha, Rozita Che. (2013). The Importance of a Value System in Science. International Journal of Business and Social Science Vol. 4 No. 7. Hal 173-176.

Naik, Zakir. (2016). Miracles of al-Quran & as-Sunnah. Surakarta: Aqwam Media Prefetika.

Nurdin, Muhamad. (2013). Internalization Of Islamic Values In Shaping Consciousness Pai Anticorruption Through Curriculum Development In Secondary Schools.International Journal Of Scientific & Technology Research Vol. 2 (2), 30-34.

Putri, Yoranda Meinita Dwi, I Wayan Dasna, Oktavia Sulistina. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Malang pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. Diakses pada 10 Agustus 2016 jam 05:18 darihttp://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel339ECE54E2DC10A5BF8815ABF44105F2.pdf

Salleh, Khalijah Mohd, Mohd Yusof Hj Othman, Shadidan Radiman, Jawiah Dakir, Abdul Halim Tamuri, Nor Hayati Alwi, Muhammad Hafizuddin Jumali, Lilia Halim1, dan Mastura Badzis. (2011). Teachers Concerns, Perception and Acceptance toward Tauhidic Science Education.Kyoto Bulletin of Islamic Area Studies, 4-1&2, 124155.

Sardjiman. (2013). Belajar Kimia Organik Metode Iqro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sastrohamidjojo, Hardjono dan Harno Dwi Pranowo. (2009). Sintesis Senyawa Organik. Jakarta: Erlangga.

Tafsir surat al-Isra ayat 7-10. Diakses pada 8 Agustus 2016 jam 12:47 WIB dari http://indonesian.irib.ir/islam/al-quran/item/87959-tafsir-al-quran,-surat-al-isra-ayat-7-10

Taslim, Abdullah. Sikap Seorang Muslim dalam Menghadapi Musibah. Diakses pada 8 Agustus 2016 jam 23:16 WIB dari https://muslim.or.id/5026-sikap-seorang-muslim-dalam-menghadapi-musibah.html

Wardhana, Wisnu Arya. (2009). Al-Quran dan Energi Nuklir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 9848 times
PDF - 5095 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.4.2.2016.1-11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Sains | Pendidikan Kimia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231
    email: jps@unimus.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University