PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HAND TOGETHER (NHT) PADA MATERI KIMIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR

Anisa Nur Khasanah(1*)


(1) Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Motivasi adalah salah satu hal yang berpengaruh pada kesuksesan aktifitas pembelajaran siswa. Tanpa motivasi, proses pembelajaran akan sulit mencapai kesuksesan yang optimum. Artikel ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT (Number Hand Together) terhadap motivasi belajar.Terdapat total 30 siswa kelas X MIA disalah satu SMA Teuku Umar Semarang yang dijadikan sample dalam penelitian ini.Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitianQuasi eksperimen. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan pembagian angket.Hasil dari data-data diproses melalui perhitungan statistik, didapat melalui penggunaan SPSS. Data menunjukkan interprestasi tingkat reliabilitas tinggi, besarnya pengaruh dengan nilai sign 0.30 lebih besar dari nilai alfa 0.05 terhadap model pembelajaran Number Hand Together (NHT) yang digunakan oleh guru.

Keywords


Model pembelajran, NHT, motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Anonim.(2015). Langkah Pembelajaran diakses melalui http://www. Langkahpembelajaran. com/2015/03pengertian-fungsi-dantujuan.html pada tanggal 20 Agustus 2016

Anonim. (2015). Uji Normalitas dengan SPSS.Diakses melalui http://www.spssindonesia.com/2015/05/uji-normalitas-dengan-spss.htmlpada tanggal 20 September 2016

Anonim. (2015). Uji Homogenitas dengan SPSS.Diakses melalui http://www.spssindonesia.com/2015/05/uji-Homogen-dengan-spss.htmlpada tanggal 20 September 2016

Anonim. (2015). Uji Paired Sample T-Test dengan SPSS.Diakses melalui http://www.spssindonesia.com/2015/05/uji-Paired-Sample-T_test-dengan-spss.htmlpada tanggal 20 September 2016

Depdiknas. (2013). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 65, tahun 2013, tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono.(2006). Belajar dan Pembelajran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hendry.(2009). Model pembelajaran NHT. Diakses melalui https://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-nht-numbered-head-togetherpada tanggal 20 Agustus 2016

Ibrahim, Muslimin, dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press

Masdayat. (2009). Motivasi Dalam Pembelajara diakses melalui http://www.masdayat.web.id/2009/02/motivasi-dalam-pembelajaran.htmlpada tanggal 25 Agustus 2016

Nashar.(2004).Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Singarimbun, Masri.(1995). Metode Penelititan Survei. LP3S, Jakarta

Suwarno.(2010). Pembelajaran Kooperatif Jenis Numbered Heads Together, diakses melalui http://suwarnostatistik.wordpress.com


Article Metrics

Abstract view : 734 times
PDF - 244 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.4.2.2016.50-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Sains | Pendidikan Kimia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231
    email: jps@unimus.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University