PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKS USIA DINI MELALUI MODUL ANGGOTA TUBUH MANUSIA

Sekar Dwi Ardianti, Ristiyani Ristiyani

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji pemahaman pendidikan seks usia dini melalui penerapan modul anggota tubuh manusia. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD N 1 Mlati Lor Kudus sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 1 SD N 1 Purwosari Kudus sebagai kelas kontrol. Pembelajaran dengan menggunakan modul anggota tubuh manusia dilakukan di kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol menggunakan bahan ajar buku dari pemerintah. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung2,395 > ttabel 1,994. Hal tersebut berati bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata skor peningkatan pretest posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Penggunaan modul anggota tubuh manusia memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan pemahaman pendidikan seks usia dini


Keywords


Pendidikan seks usia dini, modul, anggota tubuh manusia

Full Text:

PDF

References


Aprilia A. (2015). Perilaku Ibu dalam Memberikan Pendidikan Seks Usia Dini pada Nakan Pra Sekolah (Studi Deskriptif Eksploratif di TK IT Bina Insani Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat. 3(1). 619-628

Ardianti SD. (2015). Pengaruh Modul Tematik Inquiry-Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Metabolisme Pembentuk Bioenergi. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(1). 35-41

Ardianti SD & Ristiyani. (2017). Kelayakan Pemaknaan Tari Sintren untuk Modul Pendidikan Seks Usia Dini Pada Siswa SD. Prosiding, Seminar Nasional FKIP 2017 dengan tema Keberagaman dalam Pendidikan di

Indonesia, tanggal 10 Mei 2017. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Media Pembelajaran dan Sumber Belajar. Materi Diklat Calon Pengawas Sekolah/ Pengawas Sekolah. Jakarta.

Izzati N, HindartoN, & Pamelasari SD. (2013). Pengembangan Modul Tematik dan Inovatif Berkarakter pada Tema Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2(2). 183-188.

Maryuni & Anggraeni L. 2016. Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Pengetahuan Orangtua tentang Pendidikan Seks secara Dini pada Anak Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. 4(3). 135-140

Prastowo A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purwaningsih, W. (2012). Hubungan Pengetahuan dan Peran Keluarga dengan Perilaku Seksual Pra Nikah pada Remaja Anak Jalanan di Kota Surakarta. Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(1), 22-29.

Rosidah N. (2013). Studi Tentang Penggunaan Bahan Ajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi pada Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Mojokerto. Jurnal. Universitas Negeri Surabaya.

Viva. (2017). Kasus Bullying Anak Meningkat pada Tahun 2017. Diakses tanggal 07 September 2017 dari http://www.viva.co.id/berita/nasional/938446-kasus-bullying-anak-meningkat-pada-2017.

Wanabuliandari S & Ardianti SD. (2017). Uji Kelayakan Modul Experiential Jelajah Alam Sekitar (E-JAS) Berbasis Edutainment. Prosiding, Seminar Nasional IPA VIII dengan Tema Inovasi Penelitian dan Pembelajaran IPA Berwawasan Konservasi, tanggal 29 April 2017. Semarang: Universitas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.65-70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.22, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231 
    email: jps@unimus.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education of Unimus in collaboration with Unimus Press