MISKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP DASAR GAYA DAN GERAK UNTUK SEKOLAH DASAR

Gaguk Resbiantoro, Aldila Wanda Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk megidentifikasi miskonsepsi mahasiswa tentang konsep dasar gaya dan gerak untuk sekolah dasar. Instrumen yang digunakan adalah four-tier test terdiri dari sepuluh poin pertanyaan pilihan ganda. Dengan instrumen ini, dapat ditentukan klasifikasi mahasiswa yang paham konsep, tidak paham konsep, dan yang mengalami miskonsepsi, serta juga dapat diidentifikasi kemungkinan penyebab miskonsepsinya. Tes dilakukan pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar yang menempuh mata kuliah konsep dasar IPA SD di perguruan tinggi di Tulungagung. Hasil penelitian ini mampu menentukan: (1) profil miskonsepsi konsep dasar gaya dan gerak, yaitu pada konsep resultan gaya pada benda stasioner adalah sebesar 26%; konsep kelembaman benda sebesar 44%; konsep pengaruh resultan gaya yang searah gerak benda sebesar 38%; serta konsep pengaruh resultan gaya yang berlawanan arah gerak benda sebesar 33%; (2) rata-rata sumber pengetahuan mahasiswa yang mengalami miskonsepsi adalah 19% dari guru, 4% dari buku, 38% dari pengalaman sehari-hari, dan 39% dari hasil pemikiran sendiri. Hasil ini memberikan implikasi perlunya dilakukan inovasi tentang strategi pembelajaran, media pembelajaran, maupun substansi materi pembelajaran konsep dasar IPA SD untuk remidiasi miskonsepsi

Keywords


miskonsepsi, konsep dasar IPA, four-tier test

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2013). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Washington, D.C.: SAGE Publications.

Narjaikaew, P. (2013). Alternative Conceptions of Primary School Teachers of Science about Force and Motion. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 88, 250–257. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.503

National, Research, & Council. (2007). Taking Science to School: Learning and Teaching Science in Grades K-8. Washington, D.C.: National Academies Press. https://doi.org/10.17226/11625

National, Research, & Council. (2009). Science and Decisions: Advancing Risk Assessment. Washington, D.C.: National Academies Press. https://doi.org/10.17226/12209

Novak, J., & B.Gowin. (1984). Learning How to Learn. Cambridge: University Press.

Pellegrino, J. W., Wilson, M. R., Koenig, J. A., Beatty, A. S., & Sci, S. (2014). Developing Assessments for the Next Generation Science Standards. Washington, D.C.: National Academies Press. https://doi.org/10.17226/18409

Peşman, H., & Eryılmaz, A. (2010). Development of a Three-Tier Test to Assess Misconceptions About Simple Electric Circuits. The Journal of Educational Research, 103(3), 208–222. https://doi.org/10.1080/00220670903383002

Ramalis, T. (2010). Identifikasi Miskonsepsi Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa Menggunakan Certainly Response Index, dalam Teori, Paradigma, Prinsip, dan Pendekatan Pembelajaran MIPA dalam Konteks Indonesia. Bandung: FMIPA UPI.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

Tayubi, Y. R. (2005). Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Mimbar Pendidikan, 24(3), 4–9.

Yuliani, L. (2008). Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: UT Press.




DOI: https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.80-87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.22, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231 
    email: jps@unimus.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education of Unimus in collaboration with Unimus Press