PENINGKATAN HASIL BELAJAR ANALISIS TITRIMETRI MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA PESERTA DIDIK SMK

Indayatmi Indayatmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan menggunakan model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dan hasil belajar pada kompetensi analisis titrimetri kelas XI SMK Negeri 2 Depok. Penelitian yang dilakukan terdiri dari 3 tahap yaitu pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, evaluasi hasil belajar, penilaian proses creative problem solving, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI yaitu pada pra siklus diperoleh nilai evaluasi belajar rata-rata sebesar 60, siklus 1 sebesar 80, siklus 2 sebesar 85. Penggunaan model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan jumlah peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu pada pra siklus sebanyak 11 peserta didik, siklus 1 sebanyak 23 peserta didik, siklus 2 sebanyak 27 peserta didik. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dan hasil belajar analisis titrimetri pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 2 Depok

Keywords


creative problem solving; analisis titrimetri; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arends. (2001). Classroom Instructional Mangement. New York: The McGraw-Hill Company.

Aris Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-russ Media

Fitri Yuliawati. (2012). Penelitian Tindak an Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional. Yogyakarta: Pedagogia.

Hamzah B Uno. (2012). Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktiv Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono R. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta : Diva Press.

Jamal Ma’mur Asmani. (2013). 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Yogyakarta: DIVA Press.

Jasa Ungguh Muliawan. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mastur Faizi. (2013). Ragam Mengajarkan Eksakta pada Murid. Yogyakarta: Diva Press

Miftahul Huda. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Novan Ardy Wiyani. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rustam. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Pendidik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sri Suryani. (2003). Belajar Kimia Asyik dan Menyenangkan. Lubuk Linggau: MAN 1 Lubuklinggau.

Supriyadi. (2011). Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.

Soekanto t, dan Saripudin U. (1996). Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta : PPU-PPAI Universitas Terbuka.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Zainal Aqib. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.88-99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.22, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231 
    email: jps@unimus.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education of Unimus in collaboration with Unimus Press