EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA CHEMDRAW SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR

Putri Ashrina Setyowati(1*), Agus Kamaludin(2)


(1) UIN Sunan Kalijaga, Indonesia
(2)[email protected]
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) efektivitas penggunaan media pembelajaran Chemdraw terhadap hasil belajar, dan (2) pengaruh penggunaan media pembelajaran Chemdraw terhadap kreativitas berpikir. Jenis penelitian quasi eksperiment dan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel simple random sampling. Pengukuran hasil belajar menggunakan pretest dan posttest. Pengukuran kreativitas berpikir menggunakan angket dan pengukuran kreativitas berpikir saat pembelajaran menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan uji t dependen, teknik analisis data angket menggunakan uji Mann-Whitney, dan teknik analisis data lembar observasi menggunakan skor acuan penilaian lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan (1) penggunaan media pembelajaran Chemdraw tidak efektif terhadap hasil belajar, dan (2) penggunaan media pembelajaran Chemdraw berpengaruh terhadap kreativitas berpikir peserta didik

Keywords


Hasil belajar kognitif; Kreativitas berpikir; Media pembelajaran Chemdraw

Full Text:

PDF

References


Asnawir, dan M. Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Munandar, Utami. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nata, Abuddin. (1997). Filsafat Pendidikan Islam 1. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 774 times
PDF - 326 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.100-107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231
    email: jps@unimus.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University