PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS RECIPROCAL TEACHING (RT) SMA/MA PADA MATERI STOIKIOMETRI

Yesi Yuliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri sebagai pedoman pendidik dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan mengetahui kualitas buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri yang dikembangkan berdasarkan penilaian pendidik kimia SMA/MA. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang meliputi tahap:  define, design, development, disseminate, tanpa tahap disseminate. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan (1) buku panduan pendidik berbasis reciprocal teaching materi stoikiometri sebagai pedoman pendidik dalam kegiatan pembelajaran di  kelas; (2) skor rata-rata penilaian keseluruhan untuk buku panduan pendidik yang dikembangkan adalah 129,6 dengan kategori kualitas Sangat Baik (SB) dan persentase keidealan 86,4%

Keywords


buku panduan pendidik; model reciprocal teaching; stoikiometri

References


Chang, Raymond. (2003). Kimia Dasar “Konsep-Konsep Inti” Jilid I. Edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. (2008). Pedoman Penulisan Buku Nonteks. Jakarta: Pusat Perbukuan Deparrtemen Pendidikan Nasional.

Herman, Nurul Atiqah. (2014). Penerapan Model Recipprocal Teaching pada Pembelajaran Matematika Siswa kelas VII SMPN 26 Padang.

Padang: Jurnal Pendidikan Matematika. Part 2 Vol.3 No.1: 13-17.

Karyadi, Benny. (1994). Kimia 2. Jakarta: Balai Pustaka.

Kemendikbud. (2013). Diklat Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013: Konsep Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 69, tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Muhibbin, Syah. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Jaya Grafindo Perkasa.

Nur, Abu. (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Salirawati, Das. (September 2013). Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 Bagi Peningkatan Kualitas Peserta Didik. Artikel disajikan pada perkuliahan Kapita Selekta di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Siregar. Eveline & Nara, Hartini. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudarmo, Unggul. (2013). Kimia Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sukardjo dan Lis Permata Sari. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Supriadi, Dedi & Fasli Jalal. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Jakarta: Depdiknas Bapenas Adicitakaryanusa.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

WS, Wingkel. (1999). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.108-112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.22, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231 
    email: jps@unimus.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education of Unimus in collaboration with Unimus Press