PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN “WISATA LOKAL” PADA MATAPELAJARAN SAIN DI TEMANGGUNG DAN PEKALONGAN

Eny Winaryati, Sri Haryani, Akhmad Fathurohman, Setia Iriyanto

Abstract


Implementasi model pembelajaran “Wisata Lokal” dalam pembelajaran, bagi seorang guru merupakan tuntutan.  Seorang guru harus memiliki keterampilan mengkreasi pembelajarannya dengan mendayagunakan potensi lokal daerah dengan berbagai metode, media, dan bahan ajar. Hal ini akan dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter pada peserta didik dan guru dalam rangka menunjang pembangunan nasional.  Potensi lokal daerah yang disusun kontennya dimuat dalam suatu web model pembelajaran “Wisata Lokal” berbasis potensi daerah. Penelitian ini lebih menitikberatkan implementasi model di sekolah untuk matapelajaran sain yang meliputi (IPA, Kimia, Biologi dan Fisika). Model pembelajaran “Wisata Lokal” dikembangkan melalui metode penelitian Research and Development (R&D). Pembahasan lebih rinci lebih menitikberatkan pada fase implementasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model efektif digunakan, dan pengaruh model terhadap prestasi belajar siswa. Hasil dari penelitian diperoleh data bahwa adanya nilai yang beda antara kontrol dengan perlakuan, ada pengaruh model terhadap pembelajaran, model efektif untuk digunakan.  Penelitian memberikan rekomendasi bahwa model sangat layak direkomendasikan untuk dilaksanakan dan disebarluaskan

Keywords


Penerapan model, Wisata lokal, sains

Full Text:

PDF

References


Borg, W.R., & Gall, M.D. (1983). Educational research: An introduction (4ed). New York & London: Longman.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan

Permendikbud RI No 79 Tahun 2014 Tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013

Permendikbud no 81A tahun 2013, tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Pengembangan Muatan Lokal

Winaryati, E. (2 Desember 2009). Sinergitas pemberdayaan rembang. Wacana Lokal. Suara Merdeka, p. 9.

Winaryati, E. (2010). Model pembelajaran sains berbasis poteni daerah: upaya penguatan ”NILAI –NILAI LUHUR BANGSA” pada sekolah dasar dan menengah. Prosiding Seminar Nasional “Menyongsong Pendidikan Sains Masa Depan Berbasis Nilai Luhur Bangsa”. Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 23 Oktober. ISBN:978-602-99456-0-7,

Winaryati, E. (2011). Pelatihan pengembangan media pembelajaran sains, melalui analisis CIRCULAR MODEL of R&D. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA, di Universitas Negeri Yogyakarta. 14 Mei. ISBN:978-979-99314-5-0.

Winaryati, E., Handarsari, E., & Faturrohman, A. (2012). Analysis pengembangan model pembelajaran ”wisata lokal” pada pembelajaran sains. Prosding Univ. Muhammadiyah Semarang (UNIMUS). ISBN : 978-602-18809-0-6.7.

Winaryati, E., Iriyanto, S., & Faturrohman, A. (2013a). Desain model pembelajaran ”wisata lokal” kabupaten rembang, jawa tengah. Prosding Semnas UNS IX, ISBN No. 978-602-8580-51-9 tanggal 9 Nopember 2013.

Winaryati, E., Iriyanto, S., & Faturrohman, A. (2013b). Developmen model pembelajaran ”wisata lokal” kabupaten rembang, jawa tengah. Prosding UNSOED. 26-27 Nopember 2013.

Winaryati, E., Haryani, S., Iriyanto, S., & Faturrohman. (2015). Define: Model Pembelajaran “Wisata Lokal” Berbasis Potensi. Prosding UPGRIS. ISBN 978-602-99975-1

Winaryati, E., Haryani, S., Iriyanto, S., & Faturrohman. (2015). Nilai-Nilai Karakter Dalam Model Pembelajaran ”WISATA LOKAL” Prosding Urecol. UNIMUS. ISSN 2407-9189

Winaryati, E., Haryani, S., Iriyanto, S., & Faturrohman. (2016). Implementation Of Learning Model "LOCAL TOURSM" Based Potential Of District Rembang. The 2nd International Seminar On Education Technology Prosding. Post Graduate Program UNNES May 25th 2016. ISBN: 978-602-74564-1-9

Winaryati, E., Haryani, S., Iriyanto, S., & Faturrohman. (2017). Implementasi model pembelajaran “wisata lokal” pada guru di kabupaten pekalongan. Prosding UNIMUS.




DOI: https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.120-129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.22, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231 
    email: jps@unimus.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education of Unimus in collaboration with Unimus Press