EKSPLORASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 9 SEMARANG

Tin Rosidah(1*), Andari Puji Astuti(2), VDR Andri Wulandari(3)


(1) Universitas Muhammadiyah Seamrang
(2) Universitas Muhammadiyah Seamrang
(3) SMA Negeri 9 Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Keterampilan berpikir tingkat tinggi mencakup keterampilan dasar, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan dasar yang dimaksudkan yaitu keterampilan dasar (generik) sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterampilan generik sains siswa pada materi Stuktur Atom dam Sistem Periodik Unsur. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment design dengan rancangan penelitian One-Shot Case Study. Penentuan sampel dalam penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengukuran menggunakan instrumen soal keterampilan generik sains siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata keterampilan generik sains siswa pada aspek pengamatan tidak langsung langsung sebesar 32,83, aspek sense of scala sebesar  48,43, aspek bahasa simbolik sebesar 74,87, aspek logika taat azas sebesar 72,55, aspek membangun konsep sebesar 78,67, aspek abstraksi sebesar 81,5, dan aspek inferensi logika sebesar 66,66. Hal ini membuktikan bahwa banyak siswa yang belum menguasai keterampilan generik sains pada materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur  yang diberikan. Dari tujuh aspek yang diujikan dalam bentuk soal ulangan harian, aspek abstraksi memperoleh nilai rata-rata yang tertinggi, sedangkan nilai rata-rata terendah diperoleh dari aspek pengamatan tidak langsung

Keywords


Keterampilan Generik Sains, Kimia, Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Brotosiswoyo, Benedictus Suprapto. 2001. Hakikat Pembelajaran Fisika di Perguruan Tinggi, dalam Tim Penulis Pekerti Bidang MIPA (ed.). Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembelajaran Matematika di Perguruan Tinggi, cet. 1. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2006. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Kimia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Harris et al. 2007. Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi. Dapertemen Pendidikan Nasional. Jakarta: PAU-PPAL.

Indrawati. 2012. Belajar dan Pembelajaran Sains. Jakarta: Rineka Cipta.

Kamsah, M.Z. 2004. Developing Generic Skills in Classroom Environment : Engineering Student’s Perspective.

Liliasari, Ikhsanuddin, dan Anna Permanasari. 2007. Pembelajaran Inkuiri Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMA pada Topik Hidroliss Garam. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. vo. I, no. 2.

Nurjannah, Fitri. 2014. Analisis Kemampuan Generik Siswa Melalui Kegiatan Praktikum Fotosintesis. Skripsi S1 Pendidikan Biologi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Purwanto. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Purwanto, M. Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: PT Remaja Rosda Karya.

Rimatusodik, Reva. 2010. “Profil Keterampilan Generik Siswa SMP dalam Praktikum Kerusakan Lingkungan Menggunakan Kotak Erosi”, Skripsi pada Sarjana (S1) Pendidikan UPI Bandung, Bandung.

Saptorini. 2008. Peningkatan Keterampilan Generik SAINS bagi Mahasiswa malalui Perkuliahan Praktikum Kimia Analisis Instrumen Berbasis Inkuiri. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. vol. II, no. 1.

Semiawan. 1987. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta : PT. Gramedia.

Siregar, Eveline dan Nara Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.

Sudarmin, 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Organik dan Keterampilan Generik Sains Bagi Calon Guru Kimia. Rangkuman Disertasi Pendidikan IPA. Program Pascasarjana-Sekolah Pascasarjana UPI-Bandung.

Sudirman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Utami, Tuti. 2012. “Profil Kemampuan Generik Siswa SMP RSBI yang Muncul Melalui Kegiatan Praktikum Uji Makanan”. Skripsi pada Sarjana (S1) Pendidikan UPI Bandung, Bandung.

Wahyana. 2001. Perencanaan dan Pengelolaan Pembelajaran IPA. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka


Article Metrics

Abstract view : 2479 times
PDF - 1267 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.130-137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EXECUTIVE OFFICE

JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY

Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
    Telp. (024)76740231, 76740231
    email: jps@unimus.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University