EKSPLORASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 9 SEMARANG
(1) Universitas Muhammadiyah Seamrang
(2) Universitas Muhammadiyah Seamrang
(3) SMA Negeri 9 Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Brotosiswoyo, Benedictus Suprapto. 2001. Hakikat Pembelajaran Fisika di Perguruan Tinggi, dalam Tim Penulis Pekerti Bidang MIPA (ed.). Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembelajaran Matematika di Perguruan Tinggi, cet. 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2006. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Kimia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Harris et al. 2007. Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi. Dapertemen Pendidikan Nasional. Jakarta: PAU-PPAL.
Indrawati. 2012. Belajar dan Pembelajaran Sains. Jakarta: Rineka Cipta.
Kamsah, M.Z. 2004. Developing Generic Skills in Classroom Environment : Engineering Student’s Perspective.
Liliasari, Ikhsanuddin, dan Anna Permanasari. 2007. Pembelajaran Inkuiri Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMA pada Topik Hidroliss Garam. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. vo. I, no. 2.
Nurjannah, Fitri. 2014. Analisis Kemampuan Generik Siswa Melalui Kegiatan Praktikum Fotosintesis. Skripsi S1 Pendidikan Biologi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Purwanto. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Purwanto, M. Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: PT Remaja Rosda Karya.
Rimatusodik, Reva. 2010. “Profil Keterampilan Generik Siswa SMP dalam Praktikum Kerusakan Lingkungan Menggunakan Kotak Erosi”, Skripsi pada Sarjana (S1) Pendidikan UPI Bandung, Bandung.
Saptorini. 2008. Peningkatan Keterampilan Generik SAINS bagi Mahasiswa malalui Perkuliahan Praktikum Kimia Analisis Instrumen Berbasis Inkuiri. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. vol. II, no. 1.
Semiawan. 1987. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta : PT. Gramedia.
Siregar, Eveline dan Nara Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.
Sudarmin, 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Organik dan Keterampilan Generik Sains Bagi Calon Guru Kimia. Rangkuman Disertasi Pendidikan IPA. Program Pascasarjana-Sekolah Pascasarjana UPI-Bandung.
Sudirman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Indonesia.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Utami, Tuti. 2012. “Profil Kemampuan Generik Siswa SMP RSBI yang Muncul Melalui Kegiatan Praktikum Uji Makanan”. Skripsi pada Sarjana (S1) Pendidikan UPI Bandung, Bandung.
Wahyana. 2001. Perencanaan dan Pengelolaan Pembelajaran IPA. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Article Metrics
Abstract view : 2479 timesPDF - 1267 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.130-137
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
EXECUTIVE OFFICE
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY
Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (024)76740231, 76740231
email: jps@unimus.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University