EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION BERPENDEKATAN ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI
(1) Universitas Muhammadiyah Semarang Jalan Kedungmundu raya no. 18 Tembalang, Semarang, Jawa tengah
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, A, dkk. 2014. Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pend. Kimia Vol. 1, No. 1, Halaman 1-8.
Anwari, Nahdi, M. S., dan Sulistyowati, E. 2016. Biological Science Learning Model Based on Turgo’s Local wisdom on Managing Biodiversity. AIP Conference Proceedings 1708, doi:10.1063/ 1.4941146.
Arfianawati, S, Sudarmin, dan Woro Sumarni. 2016. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 21, No. 1, Halaman 46-51.
Atmojo, S.E. 2012. Profil Keterampilan Proses Sains dan Apresiasi Siswa terhadap Profesi Pengrajin Tempe dalam Pembelajaran IPA Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 1, No. 2, Halaman 115-122
Jegede, OJ, dan P.A. Okebuloka. 1989. Influence of Socio-Cultural Factor on Secondary Students Attitude toward Science. Research in Science Education. 19.155-164.
Kartimi, 2014. Implementation Of Biology Learning Based On Local Science Culture To Improvement Of Senior High School Students Learning Outcome In Cirebon District And Kuningan District. Scientiae Educatia, Vol. 3, No. 2, Halaman 1-10.
Kharista, RY., Antonius, TR.,, dan Tjahyo Subroto. 2012. Pengaruh Model Problem Based Instruction Berbantuan Funny Worksheet terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas. Jurnal Chem in Edu 2 No. 1, Halaman 62-68. ISSN: 2252-6609.
Mergendoller, John R, Maxwell, NL, and Yolanda Bellisimo. 2006. The Effectiveness of Problem Based Instruction: A Comparative Study of Instructional Methods and Student Characteristics. Journal IJPBL Volume 1 No. 2, PP: 49-69.
Okechukwu. S., Lawrence, A., and Njoku. 2014. Innovations in Science and Technology Education: A Case for Ethnoscience Based Science Classrooms. International Journal of Scientific and Engineering Research, Vol. 5 No.1, Halaman 52-56. ISSN: 2229-5518.
Purwanto, M. Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: PT Remaja Rosda Karya.
Puspitaningrum, VR, Saptorini, dan Kusoro Siadi. 2012. Pengaruh Model Problem Based Instruction Berbantuan Elaboration Strategies terhadap Hasil Belajar. Jurnal Jurusan FMIPA Chem in Edu Vol. 2 No. 1, Halaman 142-147. Universitas Negeri Semarang. ISSN NO 2252-6609.
Rahayu, W. E., & Sudarmin. 2015. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi dalam Kehidupan untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, Vol. 4, No. 2, Halaman 919-926. ISSN: 2252-6617.
Rosidah, Tin, Andari Puji Astuti, dan VDR Andri Wulandari. 2017. Eksplorasi Keterampilan Generik Sains (KGS) Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Pendidikan Sains (JPS) Vol 5 No 2, Halaman 130-137. ISSN: 2339-0786.
Rosidah, T., Fitria, FH., dan Andari, PA. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berpendekatan Etnosains untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada materi Stikiometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains dan Teknologi. ISBN : 9-786025-614354.
Rosyidah, A.N., Sudarmin, dan Kusoro, S. 2013. Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif Dalam Bahan Makanan untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegandon Kendal. Unnes Science Education Journal (USEJ) Vol. 2, No. 1, Halaman 133-139. ISSN: 2252-6609.
Siregar, Eveline dan Nara Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: PT Ghalia Indonesia.
Soviani, Iis. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran PBI (Problem Based Intruction) Dan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Pemahaman Konsep. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sudarmin. 2014. Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal (Pertama ed.). Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.
Sudiana, I.M., & Surata, I.K. 2010. IPA Biologi Terintegrasi Etnosains Subak untuk Siswa SMP: Analisis tentang Pengetahuan Tradisional Subak yang Dapat Diintegrasikan dengan Materi Biologi SMP. Suluh Pendidikan Vol. 8, No. 2.
Sudirman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Indonesia.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Winarni, E.W. 2013. Perbandingan Sikap Peduli Lingkungan, Keterampilan Proses, dan Pemahaman Konsep antara Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan Ekspositori di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FIP UNJ, Vol. 5, No. 1, hlm. 145-153.
Article Metrics
Abstract view : 1234 timesPDF - 222 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jps.7.1.2019.14-21
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
EXECUTIVE OFFICE
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY
Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (024)76740231, 76740231
email: jps@unimus.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University