Pelatihan Strategi Mempelajari Bisnis Tata Rias Make Up Artis bagi Ibu-Ibu PKK RW. 06 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru

Kiki Joesyiana(1), Sawqi Saad El Hasan(2*), Asepma Hygi Prihastuti(3), Rofiq Noorman Haryadi(4), Suratminingsih Suratminingsih(5)


(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda, Riau, Indonesia
(2) STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Indonesia
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda, Riau, Indonesia
(4) STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Indonesia
(5) STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan keterampilan Tata Rias Make Up Artis (MUA) beserta cara memulai bisnisnya untuk mendorong jiwa wirausaha ibu-ibu rumah tangga dan untuk melihat minat ibu-ibu rumah tangga terhadap pelatihan Tata Rias Make Up Artis (MUA) ini. Metode pengabdian ini menggunakan metode ceramah, demostrasi langsung, dan tanya jawab. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan pengetahuan secara umum tentang bisnis make up artis, yaitu meliputi apa itu make up artis, manfaat make up artis, dan cara memulai bisnis make up artis. Metode demostrasi langsung digunakan untuk memberikan keterampilan langsung kepada peserta tentang tata cara make up dari ahlinya, yaitu pemateri yamg memiliki bisnis make up baik untuk pengantin maupun untuk acara-acara tertentu yang telah memiliki banyak pengalaman. Diambil beberapa peserta dengan warna kulit, jenis kulit dan bentuk wajah yang berbeda untuk langsung dimake up, mulai dari make up dasar sampai finishing. Serta metode tanya jawab digunakan untuk melengkapi hal-hal yang belum terakomodasi oleh metode diatas. Pelatihan keterampilan ini melibatkan Pelaku Bisnis Make Up Artis Pekanbaru Juan Bantari dan Dosen Program Studi Manajemen dan Akuntansi yang bekerjasama dengan Ibu-ibu PKK pada RW 06, Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai sebagai mitra

Keywords


Strategi, Bisnis, Makeup Artis, PKK

Full Text:

PDF

References


Azzurasantika, Umi. 2013. Kecantikan Kulit Rias Wajah sehari–hari.

Budiarta, Kustoro. 2009. Pengantar Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

E.F.EKEL, Anita. 1981. Ilmu Kecantikan dan Kesehatan Masa Kini. Jakarta : Karya Utama.

Iskandar. 2018. Mudahnya Panggil Makeup Artist Profesional Lewat Aplikasi Ini. (https://m.liputan6.com/tekno/read/3801943/mudahnya -panggil-makeup-artist-profesional-lewat-aplikasi-ini)

Joesyiana, K. 2017. Pengaruh Sikap, Faktor Pribadi, Dan Faktor Sosial Terhadap keputusan Pembelian produk Tata Rias Wajah Import. Vol. 3 No 2, Oktober. ISSN : 2502-1419.

Muliyawan, D., dan Sutisna, N. 2013. A-Z Tentang Kosmetik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Safira, Aninda Nur, dkk. 2021. Faktor-faktor yang mempengaruhi Kesuksesan Make Up Artist (MUA) Hits di Indonesia Dalam Menjalankan Usaha di Bidang Jasa Make Up. Jurnal Tata Rias, Vol. 10, No.2, 2021.

Sari, Nurma Ratna. 2010. Tampil Cantik dengan Make Up Minimalis dalam 10 menit. Yogyakarta: Insania.

Smart, Aqila. 2012. Perawatan Modern untuk Kecantikan Wanita. Jogjakarta : Kata Hati.

Tilaar, Martha. 2009. Make up 101 Basic Personal Make-up. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Iskandar, I. (2018). Mudahnya Panggil Makeup Artist Profesional Lewat Aplikasi Ini. https://m.liputan6.com/tekno/read/3801943/mudahnya -panggil-makeup-artist-profesional-lewat-aplikasi-ini.


Article Metrics

Abstract view : 345 times
PDF - 68 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jsm.5.2.2023.214-222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Surya Masyarakat

Jurnal Surya Masyarakat (JSM) is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Surya Masyarakat (JSM)
p-ISSN:  2623-0364; e-ISSN: 2623-0569
Published by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Semarang