Mengatasi Hambatan Literasi Digital: Strategi Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Desa Truko
(1) Universitas Semarang
(2) Universitas Semarang
(3) Universitas Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anantanyu, S., Permatasari, P., Winarno, J., Suwarto, S., & Wibowo, A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Digital Marketing Minyak Kayu Putih pada Kelompok Tani Hutan (KTH) Wonolestari, Desa Wonoharjo Boyolali. Jurnal Surya Masyarakat, 5(1), 60. https://doi.org/10.26714/jsm.5.1.2022.60-67
Arfan, N., & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224.
BPS Kab Kendal. (2022). Kecamatan Kangkung Dalam Angka 2022. BPS Kab Kendal. https://kendalkab.bps.go.id/publication/2022/09/26/6047756f555dd2c93e71073e/kecamatan-kangkung-dalam-angka-2022.html
Chusniyah, I., & Fauza, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Di Masa Pademi Bagi Masyarakat. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/khidmatuna/article/view/1582
KEMENKOPUKM. (2022, July 27). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM. 27 July 2022. https://smesta.kemenkopukm.go.id/pemanfaatan-digital-marketing-oleh-pelaku-umkm/
KOMPAS.COM. (2022, November 28). Tantangan dan Kendala dalam Mendorong UMKM “Go Digital.” 28 November 2022. https://money.kompas.com/read/2022/11/28/190400526/tantangan-dan-kendala-dalam-mendorong-umkm-go-digital-?page=all
Nasution, S., & Silalahi, P. R. (2022). Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Kuliner Berbasis Syariah Di Kota. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2), 510–519.
Nugraha, B. B., Khasanah, D. U., Rafif, M., Fadilah, R. A. N., & Azizah, R. (2023). Pendampingan Pemasaran Digital Pada UMKM Konveksi Aura Desa Kayenlor Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. 1(2).
Qomar, Moh. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). Peningkatan Kualitas Umkm Berbasis Digital Dengan Metode Participatory Action Research (PAR). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3494
Ristianti, N. S., Bashit, N., Martono, K. T., & Ulfiana, D. (2023). Digitalisasi Ekonomi UMKM sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Berkelanjutan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Surya Masyarakat, 5(2), 137. https://doi.org/10.26714/jsm.5.2.2023.137-150
Rivani, R., Muftiadi, A., & Nirmalasari, H. (2021). Implementasi Program Digital Marketing Pada Pelaku Umkm Di Masa Pandemi Covid-19. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 353. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32819
Sakir, S., Astuti, L., Muttaqien, M., & Mutiarin, D. (2021). Pendampingan Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Katon Margo Sembada Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Surya Masyarakat, 4(1), 112. https://doi.org/10.26714/jsm.4.1.2021.112-121
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Sunardi, N., Am, E. N., Lesmana, R., & Hasbiayah, W. (2020). Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19.
Article Metrics
Abstract view : 177 timesPDF - 51 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jsm.6.2.2024.251-256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Surya Masyarakat
Jurnal Surya Masyarakat (JSM) is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jurnal Surya Masyarakat (JSM)
p-ISSN: 2623-0364; e-ISSN: 2623-0569
Published by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Semarang