Sosialisasi Dan Pelatihan Senam Bugar Pelajar Muhammadiyah Bagi Guru Dan Siswa Sekolah Muhammadiyah
(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(2) Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Muhammadiyah merupakan organisasi persyarikatan terbesar di Indonesia yang memiliki berbagai amal usaha salah satunya dalam bidang Pendidikan. Amal usaha tersebut mulai dari Tingkatan taman kanak-kanan hingga perguruan tinggi tersebar di seluruh wilayah Indonesia termasuk di kota dan kabupaten sukabumi, jawa barat. Terdapat 13 sekolah Muhammadiyah di kota dan kabupaten. Berdasarkan penelitian Tingkat kebugaran jasmani siswa di kota dan kabupaten sukabumi sebesar 21,77% dalam kategori kurang dan 65,31% dalam kategori kurang sekali. Selain itu berdasarkan hasil wawancara dan observasi ditemukan belum maksimalnya pembelajaran penjas di sekolah dan minimnya alternatif aktivitas jasmani yang dilakukan di sekolah. Sosialisasi dan pelatihan ini dilakukan dengan tujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru penjas dan siswa terkait dengan alternatif aktifitas jasmani yang dapat digunakan untuk meningkatkan kebugaran bagi peserta didik Metode yang digunakan dalam sosialisasi dan pelatihan ini adalah dengan mengundang perwakilan guru dan siswa dari masing-masing sekolah mitra untuk dapat diberikan pelatihan. Pada saat pelatihan mitra sangat aktif dalam memperhatikan penjelasan narasumber dan mempraktikkan gerakan senam bugar pelajar Muhammadiyah mulai dari gerakan pemanasan, inti dan gerakan pendinginan. Kegiatan ini memberikan manfaat bagi mitra yaitu pengetahuan terkait dengan alternatif aktivitas fisik bagi siswa, keterampilan dalam memberikan senam bugar pelajar Muhammadiyah.
Keywords
References
Nurina, T., & Nugraheni, W. (2018). Model Senam Bugar Muhammadiyah untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Warga Muhammadiyah. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPPTMA), December 2018, 175–182. https://www.researchgate.net/publication/341070588
Saputra, L. G., Hariadi, I., Hariyanto, E., & Winarno, M. E. (2022). Aktivitas pembelajaran PJOK dalam pembentukan karakter siswa. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 21(3), 239. https://doi.org/10.20527/multilateral.v21i3.14303
Wardani, D., & Nurudin, A. (2020). Pengaruh Senam Bugar Muhammadiyah Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMP. Physical Activity Journal, 2(1), 100. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.3330
Yudha, M. P., & Nasution, J. D. H. (2016). Kontribusi tingkat kebugaran jasmani siswa terhadap hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (studi pada siswa kelas XI MIA Sekolah Menengah Atas 11 Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 740–744.
Zalal, A., Nugraheni, W., & Saleh, M. (2023). Dampak Penghapusan Mata Pelajaran PJOK Terhadap Kebugaran Siswa Kelas XII SMK. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1777–1782. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5798
Article Metrics
Abstract view : 37 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Surya Masyarakat
Jurnal Surya Masyarakat (JSM) is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jurnal Surya Masyarakat (JSM)
p-ISSN: 2623-0364; e-ISSN: 2623-0569
Published by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Semarang