Optimalisasi Penerapan Sekolah Aman Bencana Ramah Anak sebagai Upaya Pengurangan Risiko Bencana di Kawasan Pesisir Kelurahan Pantai Lango Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara

Muhammad Rizqy Septyandy(1*), Doni Darmasetiadi(2), Andi Asrafiani Arafah(3), Pasha Aprila Putri(4), Safaruddin Safaruddin(5), Ririt Riyanti(6), Dina Aulia Wiridtanaya(7), Yulius Dwi Laksono(8), Mika Debora Br Barus(9)


(1) Universitas Mulawarman
(2) Universitas Mulawarman
(3) Universitas Mulawarman
(4) Universitas Mulawarman
(5) Universitas Mulawarman
(6) Universitas Mulawarman
(7) Universitas Mulawarman
(8) Universitas Mulawarman
(9) Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
(*) Corresponding Author

Abstract


Semenjak dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibukota Negara (IKN) yang berlokasi di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kelurahan Pantai Lango merupakan lokasi yang mulai terdampak pembangunan. Kelurahan Pantai Lango merupakan kawasan yang akan dibangun Bandara VVIP dan Dermaga Logistik. Pembangunan ini berdampak secara tidak langsung menjadikan area yang tergenang oleh banjir rob akan semakin meluas dari tahun-tahun sebelumnya. Jika tidak ditangani serius, maka dapat menghambat dari penyelesaian pembangunan kedua proyek tersebut. Oleh karena itu, dalam menghadapi kemungkinan bencana ini di Kelurahan Pantai Lango khususnya di satuan pendidikan yang ada di kelurahan tersebut, perlu dibentuk Sekolah Aman Bencana yang di dalamnya terdiri dari sistem manajemen kesiapsiagaan bencana di sekolah, guru kader sigap dan tangguh bencana, serta rencana kontijensi penanggulangan bencana di sekolah. Hal ini dapat diwujudkan dengan sinergi antara pemerintah dalam hal ini BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara dengan institusi pendidikan tinggi dalam hal ini adalah Universitas Mulawarman kepada sekolah yang berada di kawasan rawan bencana yang salah satunya SD Negeri 004 Penajam. Diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat menyosialisasikan potensi bencana yang dapat terjadi di Penajam Paser Utara melalui perspektif geologi serta memberikan media edukasi untuk mitigasi bencana di sekolah seperti Augmented Reality Sandbox dan Buku Pop Up Bencana.

Keywords


Sekolah aman bencana, guru kader, augmented reality sandbox, buku pop up bencana, rencana kontijensi penanggulangan bencana

Full Text:

PDF

References


Anisah, N. (2019). Model Sekolah Aman Bencana Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter di MIN 1 Bantul. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(1), 9. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(1).9-20

Arfani, M., Albab, U., Priyanto, K. D., Baruno, A. D., Kamariyah, S., Tobing, V. M., & Asnawi, A. (2023). Pendampingan Sekolah Menuju Tangguh Bencana Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(2), 1584–1593.

Asrofi, A., & Ritohardoyo, S. (2017). Strategi Adaptasi Masyarakat Pesisir Dalam Penanganan Bencana Banjir Rob dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Wilayah (Studi di Desa. Jurnal Ketahanan Nasional, 23(2), 125–144.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara. Website PERISAI SIDIK 112 2024. Diakses pada 19 Juni 2024 dari https://bpbd.penajamkab.go.id/perisai-sidik-112/

Badan Pusat Statistik Kabupaten Penajam Paser Utara (2023). Kabupaten Penajam Paser Utara dalam Angka Tahun 2023. Badan Pusat Statistik Kabupaten Penajam Paser Utara.

Brackenridge, R. E., Nicholson, U., Sapiie, B., Stow, D., & Tappin, D. R. (2020). Indonesian throughflow as a preconditioning mechanism for submarine landslides in the makassar strait. Geological Society Special Publication, 500(1), 195–217. https://doi.org/10.1144/SP500-2019-171

Chandra, R. K., & Supriharjo, R. D. (2013). Mitigasi Bencana Banjir Rob di Jakarta Utara. Jurnal Teknik Pomits, 2(1), 25–30.

Effendy, M. A. R. (2021). Berita Kapal Tenggelam, Harta Karun, dan Kapitalisasi Media. Buletin Kundungga, 10, 1–12.

Erica & Sukmawarti (2021). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran PKN di SD. Journal Ability: Journal of Education and Social Analysis 2(4), https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/321/270

Fauziah, K., & Ramadhan, C. S. (2022). Pemberdayaan Guru PAUD dalam Penulisan dan Penerbitan Buku Cerita Anak. Jurnal Surya Masyarakat, 5(1), 87-94. https://doi.org/10.26714/jsm.5.1.2022.87-94

Haikal, D. F., Hijri, Y. S., & Kamil, M. (2021). Penanggualangan Bencana Melalui Program Sekolah Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Tata Sejuta STIA Mataram, 7(1), 86–108. https://doi.org/10.32666/tatasejuta.v7i1.195

Kade, M. E., Dewi, R. I., Pradana, D. A., Dian, N., Anala, A., Pinasti, A. A., & Sam, M. (2024). Si-Bookie: Flip Book Berbantuan Augmented Reality guna Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa TK Pangudi Luhur Kartini Semarang. Jurnal Surya Masyarakat, 7(1), 88-93. https://doi.org/10.26714/jsm.7.1.2023.88-93

Karumpa A., Halimah A., & Sulastri. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan. Jurnal Onoma : Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 8(2), 818-825. https://www.e-journal.my.id/onoma/article/view/2089/1569

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Website SPAB Kemdikbudristek 2024. Diakses pada 23 Maret 2024 dari https://spab.kemdikbud.go.id/hasil-pemetaan-fasilitator-spab/

Lesmana, C., & Purborini, N. (2019). Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah dalam Menghadapi Bencana di Kabupaten Magelang. Jurnal Teknik Sipil, 11(1), 15–28. https://doi.org/10.28932/jts.v11i1.1396

Munsarif, M., Raharjo, S., & Sam’an, M. (2022). Pelatihan Kecerdasan Artifisial (KA) kepada Guru SD di Kabupaten Blora Jawa Tengah untuk Peningkatan Kemampuan di Bidang Digital. Jurnal Surya Masyarakat, 5(1), 101-105. https://doi.org/10.26714/jsm.5.1.2022.101-105

Purwanti, K. Y., & Hawa, A. M. (2019). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pembuatan “Basabokas” untuk Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Surya Masyarakat, 2(1), 45-49. https://doi.org/10.26714/jsm.2.1.2019.45-49

Putri, D. R., Waruwu, D., & Suardika, G. (2023). Literasi dan Sistem Pembelajaran Daring Penunjang Kualitas Belajar Mengajar Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Surya Masyarakat, 5(2), 223-235. https://doi.org/10.26714/jsm.5.2.2023.223-235

Raesita, M., Robandi, B., & Rengganis, I. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 114-124. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/20535

Ramadhani, R. M., Gustaman, F. A. I., Kodar, M. S., & Widanaha, I. D. K. (2020). Implementasi Program Sekolah Aman Bencana di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Balikpapan Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(2), 162–176.

Ruslanjari, D., Nisa, A., Puspitasari, D., Aulia Marsida, F., Nur Indah Djafar, F., & Mega Srianti, N. (2024). Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendidik dalam Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana di SMAN 6 Yogyakarta. Jurnal Igakerta: Inovasi Gagasan Abdimas dan Kuliah Kerja Nyata, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.70234/weky4m04

Ruslanjari, D., Sudjito, Nurdiansyah, M. I., Fajarian, N. A., & Afandi, A. (2024). Penguatan Pilar Ke-Tiga Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SD Negeri Umbulharjo. Jurnal Igakerta: Inovasi Gagasan Abdimas dan Kuliah Kerja Nyata, 1(4), 20-32.

Sakurai, A., Bisri, M. B. F., Oktari, R. S., & Oda, T. (2015). The 11th Years Assessment on School Safety and Disaster Education at the Public Elementary Schools in Banda Aceh after the 2004 Aceh Tsunami: Preliminary Findings. Prosiding SIMPOSIUM NASIONAL MITIGASI BENCANA TSUNAMI 2015, December, 146–154.

Septyandy, M. R., Syam, M. A., Sartika, S., & Barus, M. D. B. (2023). Optimalisasi Pemutakhiran Data Sarana dan Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda Berbasis Sistem Informasi Geografis sebagai Upaya Pengurangan Risiko Bencana. Jurnal Surya Masyarakat, 6(1), 126-134. https://doi.org/10.26714/jsm.6.1.2023.126-134

Sitompul, J. H., Ashar, I., & Yusron, R. D. R. (2022). Implementasi Software Peta Sandbox 3D dengan Augmented Reality Berbasis Marker-Based Tracking. Jurnal Telkommil, 3, 49-58.

Subastian, R., Huda, M. M., & Widyati, T. D. S. C. (2022). Implementasi Video Streaming pada Desain Peta Sandbox 3D Berbasis Augmented Reality dengan WEBRTC. Jurnal Telkommil, 3, 66-74.

Sudrajad, B., Napitupulu, D., & Rhofiq, A. (2023). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi InaRISK Personal Kepada Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Upaya Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Kota Jayapura. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 440–449. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i3.423

Syamsuddin, S., Alaa, S., Ahyana, R., Kurniawidi, D. W., Ayub, S., & Zuhdi, M. (2023). Simulasi Sekolah Aman Bencana di SMKN 1 Kuripan Sebagai Upaya Pengurangan Resiko Bencana di Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 4((1)), 9–12. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v4i(1).175

Triyono, R., Prasetya, T., Anugrah, S. D., Sudrajat, A., Setiyono, U., Gunawan, I., Priyobudi, Yatimantoro, T., Hidayanti, Anggraini, S., Rahayu, R. H., Yogaswara, D. S., Hawati, P., Apriyani, M., Julius, A. M., Harvan, M., Simangunsong, G., & Kriswinarso, T. (2019). Katalog Tsunami Indonesia Per-Wilayah Tahun 416-2018. In Pusat Gempabumi dan Tsunami Kedeputian Bidang Geofisika.

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44

Wardyaningrum, D., & Bustan, R. (2019). Pelayanan Konseling Melalui Komunikasi Kelompok Untuk Pengurangan Risiko Bencana Bagi Siswa Sekolah Aman Bencana Di Kota Bogor Jawa Barat. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 1(1), 33. https://doi.org/10.36722/jpm.v1i1.336

Wibowo, B., Vebrianti, I., Pertiwi, N. R., Widiyatmoko, Y. & Nursa’ban, M. (2017). Disaster Mitigation Pop-Up Book Sebagai Media Pembelajaran Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Lokal bagi Siswa Sekolah Dasar. Geomedia, 15(1), 61-74.

Winarto, Kristyaningrum, D. H., Liani, I. A., & Excel, M. (2023). Teknis Penerapan Sekolah Aman Bencana (SAB) Model Pembelajaran Integrasi Kebencanaan Melalui Metode Bermain Peran Berbantuan Media DISABO untuk Guru SDN Pasir Panjang 01 Salem. Abdi Dharma, 3(2), 93–102. https://doi.org/10.31253/ad.v3i2


Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 11 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jsm.7.2.2025.289-300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Surya Masyarakat

Jurnal Surya Masyarakat (JSM) is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Surya Masyarakat (JSM)
p-ISSN:  2623-0364; e-ISSN: 2623-0569
Published by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Semarang