Kepuasan Pasien Terhadap Variasi Bahan Makanan di Rumah Sakit

Laksmi Karunia Tanuwijaya(1*), Tiara Dian Novitasari(2), Eva Putri Arfiani(3), Yudi Arimba Wani(4), Dina Elok Wulandari(5)


(1) Universitas Brawijaya
(2) Universitas Brawijaya
(3) Universitas Brawijaya
(4) Universitas Brawijaya
(5) RS Panti Nirmala Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelayanan makanan di rumah sakit menjadi sorotan banyak pihak, khususnya yang berkaitan dengan kepuasan pasien. Ada beberapa faktor pelayanan gizi yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien, salah satunya adalah variasi bahan makanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara variasi jenis bahan makanan dengan kepuasan di rumah sakit. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan Cross Sectional dengan populasi pasien rawat inap dewasa kelas 2 dan kelas 3 yang mendapat diet dalam bentuk makanan biasa atau lunak. Metode pengambilan sampel adalah Convenience Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 97 pasien. Instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil analisa data dengan menggunakan uji statistik korelasi Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan (p<0,05) antara variasi bahan makanan lauk hewani (<0,001), variasi bahan makanan lauk nabati (<0,001), variasi bahan makanan sayuran (0,006), dan variasi bahan makanan keseluruhan (<0,001) dengan kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variasi bahan makanan mempengaruhi kepuasan pasien terhadap makanan dan layanan yang diberikan.

Article Metrics

Abstract view : 463 times


DOI: https://doi.org/10.26714/jg.8.1.2019.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan oleh: Program Studi Gizi (D3 dan S1)
Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Semarang

Sekretariat: Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

Contact PersonHapsari Sulistya Kusuma, S.Gz, M.Si (+62 85 6 41 536 553)

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.