PENGGUNAAN PLAT TEMBAGA BERCOATING NIKEL SEBAGAI FILTER GAS BUANG KENDARAAN

Sunan Bukhori Ikhwan(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi transportasi maka kami melakukan pengujian untuk membantu mengatasi masalah terhadap pencemaran udara dengan pendekatan dan pemanfaatan teknologi rekayasa. Teknologi rekayasa yang digunakan untuk mengurangi pencemaran udara akibat emisi gas buang kendaraan dengan cara pemasangan catalytic converter pada saluran gas buang. Dalam hal ini penelitian menggunakan bahan katalis tembaga (Cu) dan tembaga lapis nikel (Cu*Ni) dengan variasi putaran mesin. Penelitian menggunakan bahan katalis tembaga mampu menurunkan emisi gas buang karbonmonoksida (CO) dan hidrokarbon (HC). Penelitian ini juga meneliti karakteristik material tembaga sebelum pemakaian dan setelah pemakaian yang digunakan untuk mereduksi emisi gas buang, tujuan uji karakteristik material tembaga yang dilakukan dengan menggunakan SEM dan EDX agar dapat mengetahui perubahan unsur material sebelum pemakaian dan sesudah pemakaian.


Keywords


Filter Gas Buang, Temaga, Nikel, Pelapisan, Gas Monoksida.

Full Text:

PDF

References


Agus M. 2012, “Analisis prinsip kerja Catalytic Converter”

Amin M, 2006, Uji Performa Filter Gas Emisi Kendaraan Bermotor Berbasis Keramik Porous Dengan Aditif Tembaga, Tio2 Dan Karbon Aktif Dalam Penurunan Kadar Gas Carbon Monoksida, Jurnal MEKANIKA Vol 15 No. 2 Tahun 2016, ISSN: 1412-7962 - e-ISSN: 2579-3144. https://Jurnal.Ft.Uns.Ac.Id/Index.Php/Mekanika/Article/View/418

Dowden, at all, 1970, Catalytic Hand Book, Verlag New York, Inc.

Irawan, B. 2003. “Unjuk Kerja Catalytic Converter Tembaga (Cu) Pada Saluran Gas Buang Kendaraan Bermotor Untuk Mereduksi Emisi Gas Carbon Monoksida.” Program Magister Ilmu Lingkungan. Semarang, Universitas Diponegoro.

Irawan,. B., dan Subri, M., 2005, “Unjuk Kemampuan Catalytic Converter dengan Katalis Kuningan untuk Mereduksi Gas Hidrokarbon Motor Bensin,” Traksi Vol. 03 No. 02. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.

Irawan, B., Purwanto., dan Hadiyanto, 2013. “Unjuk Kemampuan Katalis Tembaga Berlapis Mangan Dalam Mengurangi Emisi Gas Carbon Monoksida Motor.

Ismiyati., 2012, “Penyebab pencemaran udara Akibat Emisi Gas Buang” Universitas Muhammadyiyah Jakarta.

Irvan Adi, dan Imam Abadi,. “Rancang Bangun Alat Ukur Emisi Gas Buang”

Jalius Jama. 2008, “Siklus Kerja Motor Bakar”

Joko Winarno., 2014, “Studi Emisi Gas Buang Kendaraan Bermesin Bensin Pada Berbagai Merk Kendaraan dan Tahun Pembuatan,” Staf Pengajar Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Janabadra.

Pamungkas anto.,2015, “Emisi gas Buang sebagai pencemaran udara paling mendominasi”

Ramdani., 2015, “Unsur Susunan Udara kering” Politeknik Negri Sriwijaya.

Subri, M. 2012. “Kaji Experimental Pengaruh Bentuk Geometri Sudut Converging Duct dan Panjang Constant Area Section pada Perfoma Sistem Refrigerasi Steam Ejektor.” Mechanical Engineering. Semarang, Universitas Diponegoro.

Syahrani, A. 2006. “Analisa Kinerja Mesin Bensin Berdasarkan Hasil Uji Emisi.” Jurnal SMARTek, Volume 4. Nomor 4: 260 – 266.

Tri Tugaswati. “Emisi gas Buang Kendaraan Bermotor dan Dampak Emisi Gas Buang Terhadap Kesehatan”

Wardhana, W. A., 2004. “Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta,” Andi Yogyakarta.http://www.psychologymania.com/2012/08/pencemaran-udara-akibat-kendaraan.html

Wardhana, Wisnu Arya. (2001). “Dampak Pencemaran Lingkungan”. http://pengen-tau.weebly.com/karbon-monoksida.html

Warju., dan I Made Muliatna., “Unjuk Kemampuan Metallic Catalytic Converter Tembaga Terhadap Reduksi Emisi Gas Buang Sepeda Motor Yamaha Vega,” Fakultas Tenik, Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

White, 1986. “Mekanika Fluida,” Jakarta, Erlangga. Jilid 1.


Article Metrics

Abstract view : 769 times
PDF - 126 times

DOI: https://doi.org/10.26714/traksi.18.1.2018.12-24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 T R A K SI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TRAKSI : Majalah Ilmiah Teknik Mesin

ISSN : 1693-3451 (Pinted) e-ISSN : 2579-9738 (Online)

Published by: LP2M Unimus bekerjasama dengan APTI (Asosiasi Profesi Teknik Indonesia)  

 
ADDRESS

Jl. Kasipah No. 12 Semarang

E-mail: [email protected] Call: 0248445768


Sponsors

Asosiasi Profesi Teknik Indonesia (APTI)

Website: www.apti.or.id