ALAT BANTU SISTEM PENDINGINAN PADA ENGINE

taufiq hidayat(1*)


(1) Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Guna menjaga suhu msein pada rentang 80oC-90oC maka keberadaan sistem pendinginan paksa yang di sebuah mesin otomotif sangatlah mutlak. Komponen komponen yang ada pada sistem pendinginan adalah thermostat, radiator, kipas, sensor dan pumpa air centrifugal. Baik buruknya pendinginan dipengaruhi oleh kipas dan kondisi radiator. Permasalahan utama muncul manakala kondisi radiator kator. Bebarapa solusi yang bisa ditawarkan adalah pembersihan kerak, pemakaian coolant radiator dan inovasi saluran.  Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas pendinginan atau radiator adalah pemanfaatan saluran bersirip yang diletakkan di saluran pra radiator. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas perubahan suhu kerja  mesin yang dipasang alat bantu pendingin. Metode yang dipergunakan untuk melakukan penelitian adalah penggunaan alat bantu berbahan logam dan aluminium dengan jumlah sirip yang divariasakan (enam dan sebelas). Bentuk alat bantu tersebut adalah selongsong//pipa dengan sirip siirip yang divariasikan bahan dan jumlahnya. Hasil dari penelitian ini adalah adanya kemanfaatan penggunaan sirip. Berbahan logam jumlah sirip  11 penurunannya sebesar 6.7% sedangkan jumlah sirip 6 penurunannya mencapai 6.3%. Pada penggunaan bahan dari aluminium dengan jumlah sirip 11 menunjukkan penurunan sebesar 12.5% sedangkan jumlah sirip 6 sebesar 6.3%. Sedangkan pengaruhnya terhadap radiator dalam proses pendinginan. Pada  bahan logam sirip 11 penurunannya mencapai 22.2 % pada 1250 rpm, pada sirip yang berjumlah 6 penurunannya mencapai 22.2% pada puran mesin 1250 rpm. Pada pemakaian sirip berbahan non logam (aluminium) jumlah sirip 11 penurunannya mencapai 29.4% pada putaran mesin 2000 rpm sedangkan pada jumlah sirip 6 mencapai 27.4%. pada 1750 rpm.

 


Keywords


Suhu mesin, pipa bersirip, rpm

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 656 times
PDF - 96 times

DOI: https://doi.org/10.26714/traksi.20.1.2020.1-11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 T R A K SI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TRAKSI : Majalah Ilmiah Teknik Mesin

ISSN : 1693-3451 (Pinted) e-ISSN : 2579-9738 (Online)

Published by: LP2M Unimus bekerjasama dengan APTI (Asosiasi Profesi Teknik Indonesia)  

 
ADDRESS

Jl. Kasipah No. 12 Semarang

E-mail: [email protected] Call: 0248445768


Sponsors

Asosiasi Profesi Teknik Indonesia (APTI)

Website: www.apti.or.id