GENRE-BASED ANALYSIS OF STUDENTS? DESCRIPTIVE TEXT IN THE TENTH GRADE STUDENTS OF MAN 2 SEMARANG
(1)
(2)
(*) Corresponding Author
Abstract
Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tulisan deskriptif siswa dengan analisis genre di kelas X-D MAN 2 Semarang.
Instrument penelitian adalah tulisan deskriptif text siswa. Peneliti menganalisis lembar kerja siswa dengan mengidentifikasi generic structure dan language features dalam menulis teks deskriptif. Hasil analisis menunjukkan 75% dari persentase total siswa dapat menulis bagian identifikasi
dengan benar dan 100% siswa dapat menerapkan bagian deskripsi dalam penulisan teks deskriptif. Pada hasil analisis language features menunjukkan bahwa 100% dari total persentase siswa dapat mengaplikasikan penggunaan specific participant, simple present tense, dan kata sifat. Sedangkan 97% siswa dapat menerapkan penggunaan being verb dan noun phrase dengan sukses. Hasil ini menunjukkan bahwa analisis genre pada kelas X-D MAN 2 Semarang memperoleh
hasil yang memuaskan.
Kata kunci: analisis genre, teks deskriptif, siswa
Instrument penelitian adalah tulisan deskriptif text siswa. Peneliti menganalisis lembar kerja siswa dengan mengidentifikasi generic structure dan language features dalam menulis teks deskriptif. Hasil analisis menunjukkan 75% dari persentase total siswa dapat menulis bagian identifikasi
dengan benar dan 100% siswa dapat menerapkan bagian deskripsi dalam penulisan teks deskriptif. Pada hasil analisis language features menunjukkan bahwa 100% dari total persentase siswa dapat mengaplikasikan penggunaan specific participant, simple present tense, dan kata sifat. Sedangkan 97% siswa dapat menerapkan penggunaan being verb dan noun phrase dengan sukses. Hasil ini menunjukkan bahwa analisis genre pada kelas X-D MAN 2 Semarang memperoleh
hasil yang memuaskan.
Kata kunci: analisis genre, teks deskriptif, siswa
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 594 timesPDF - 397 times
DOI: https://doi.org/10.26714/lensa.4.1.2014.43-47
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 LENSA
Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0
Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya (Lensa)
p-ISSN: 2086-6100; e-ISSN: 2503-328X
Published by: Faculty of Educational Science and Humanity,Universitas Muhammadiyah Semarang
