GENRE-BASED ANALYSIS OF STUDENTS? DESCRIPTIVE TEXT IN THE TENTH GRADE STUDENTS OF MAN 2 SEMARANG

Testiana Deni Wijayatiningsih(1*), Meti Yunia Wardhani(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tulisan deskriptif siswa dengan analisis genre di kelas X-D MAN 2 Semarang.
Instrument penelitian adalah tulisan deskriptif text siswa. Peneliti menganalisis lembar kerja siswa dengan mengidentifikasi generic structure dan language features dalam menulis teks deskriptif. Hasil analisis menunjukkan 75% dari persentase total siswa dapat menulis bagian identifikasi
dengan benar dan 100% siswa dapat menerapkan bagian deskripsi dalam penulisan teks deskriptif. Pada hasil analisis language features menunjukkan bahwa 100% dari total persentase siswa dapat mengaplikasikan penggunaan specific participant, simple present tense, dan kata sifat. Sedangkan 97% siswa dapat menerapkan penggunaan being verb dan noun phrase dengan sukses. Hasil ini menunjukkan bahwa analisis genre pada kelas X-D MAN 2 Semarang memperoleh
hasil yang memuaskan.

Kata kunci: analisis genre, teks deskriptif, siswa


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 479 times
PDF - 389 times

DOI: https://doi.org/10.26714/lensa.4.1.2014.43-47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 LENSA



Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0

 

 

Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya (Lensa)
p-ISSN: 2086-6100; e-ISSN: 2503-328X
Published by: Faculty of Educational Science and Humanity,Universitas Muhammadiyah Semarang

 

Member of: