TRIGGERING STUDENTS? ABILITY IN DELIVERING IDEAS OF NEWS ITEM TEXT THROUGH VIDEO

Siti Aimah(1*), Ari Sugianti(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Studi ini ditujukan untuk mengetahui efek dari video di dalam kegiatan mengajar teks news items pada para siswa SMA Miftahul Huda Purwodadi tahun ajaran 2014/2015. Video digunakan untuk membantu para siswa mengingat bermacam
informasi yang diberikan untuk dibuat ke dalam bentuk tertulis. Selanjutnya, studi ini dilakukan secara spesifik untuk memicu kemampuan para siswa di dalam menyampaikan ide-ide news items melalui video. Terdapat 34 siswa kelas X yang terlibat di dalam studi ini. Studi ini berbentuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection).
Terjadi peningkatan dalam kemampuan siswa di dalam menyampaikan ide-ide, yang terlihat dari persentasi skor mean dari siklus 1(59.9%), siklus II (68.3%) dan siklus III (76.5%). Artinya bahwa penggunaan video dapat membantu para siswa
dalam mengonstruksikan ide yang mereka miliki untuk diimplementasikan ke dalam teks news item.

Kata Kunci: siswa, argumen, teks news item, video

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 368 times
PDF - 51 times

DOI: https://doi.org/10.26714/lensa.4.2.2014.81-87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 LENSA



Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0

 

 

Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya (Lensa)
p-ISSN: 2086-6100; e-ISSN: 2503-328X
Published by: Faculty of Educational Science and Humanity,Universitas Muhammadiyah Semarang

 

Member of: