THE IMPLEMENTATION OF TASK-BASED LEARNING IN TEACHING RECOUNT TEXT WRITING FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Mei Setya Chairena(1*)


(1) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menelaah cara guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis tugas dalam pengajaran menulis melalui beberapa langkah dan menjelaskan bagaimana kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif karena hasil data dianalisis dan dideskripsikan dalam bentuk kata- kata, kalimat, dan ujaran. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan tulisan siswa. Analisis data dilakukan melalui kategorisasi, displai data dan pengambilan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah seorang guru Bahasa Inggris dan tiga puluh siswa kelas 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis tugas memiliki banyak kelemahan dalam beberapa aspek, diantaranya adalah tidak lengkapnya langkah- langkah dalam pelaksanaan pada saat penerapan, kekurangan waktu pada saat mengerjakan tugas dan juga penggunaan bahasa ibu dan bukannya bahasa target oleh siswa yang membuat penerapan pembelajaran berbasis tugas tidak berhasil seperti yang diharapkan. Berdasarkan temuan tersebut, beberapa saran diajukan. Guru Bahasa Inggris seharusnya menggunakan dan mendesain tugas yang tidak memakan waktu lama dalam pengerjaannya, sehingga langkah- langkah dalam pembelajaran berbasis tugas ini dapat terlaksana dalam satu pertemuan. Para siswa harus berbicara menggunakan bahasa target ketika pembelajaran berbasis tugas ini diterapkan agar tujuan pendekatan ini dapat tercapai.

Keywords


teks recount; task-based learning; tulisan siswa

Full Text:

PDF

References


Ary, Donald, Jacobs, Lucy Chester, Sorensen, Chris, & Razavieh, Asghar. (2010). Introduction to Research in Education. Canada: Wadsworth.

Australia, Government of South. (2012). Genre Writing Paper. Retrieved on 2 April 2015.

Brown, H. Douglas. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New jerswy: Prentice-Hall-Inc.

Brown, H. Douglas. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Longman.

Brown, H. Douglas. (2007). Principles of Language Learning and Teaching (5ed). New York: Pearson education Inc.

Chen, Pi-Ching, & Chen, Chien-Ying. (2005). Bridging Reading and Writing: A Collaborative Task-Based English Instruction. WHAMPOA- An Interdisciplinary Journal, 49, 349-366.

Cook, Vivian. (2008). Second Language and Language Teaching. London: Hodder Education.

Cresswell, John W. (2002). Educational Research: Planning, conducting, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Educationa, R.M. (1997). Recount text. English. Retrieved from http://www.primaryresources.co.uk/english/englishD6.htm website.

Gerot, L, & Wignell, P. (1995). Making Sense of Functional Grammar. Australia: An Introductory Workbook.

Harmer, Jeremy. (2001). How to Teach English. An Introduction to the practice of English Language Teaching. Harlow: Longman.

Harmer, Jeremy. (2004). How to Teach Writing. Essex: Pearson Education ltd.

Hedge, Tricia. (2005). Writing. Oxford: Oxford University Press.

Keyvanfar, Arsya, & Modaresi, Mona. (2009). The Impact of Task-based Activities on the Reading Skills of Iranian EFL Young Learners at the Beginner Level. The Journal of Applied Linguistics, 2(1), 81-102.

Knapp, Peter, & Watkins, Megan. (2005). Genre, Text, Grammar Technologies for Teaching and Assessing Writing. Sydney: University of New South Wales Ltd.

Kubiszyn, Tom, & Borich, Gary. (2003). Educational Testing and Measurement; Classroom Application and Practice. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Marashi, Hamid, & Dadari, Lida. (2012). The Impact of Using Task-Based Writing on EFL Learners’ Writing Performance and Creativity. Theory and Practice in Language Studies, 2(12), 2500-2507.

Miles, Matthew B., Huberman, A. Micahel, & Saldana, Johnny. (2014). Qualitative Data Analysis, A Method Sourcebook (3 ed). Washington: Sage.

Norland, Deborah L., & Pruett-Said, Terry. (2006). A Kaleidoskop of Models and Strategies for Teaching English to Speakers of Other Languages. Westport: Teacher Idea Press.

O’Malley, M., & pierce, L. V. (1996). Authentic Assessment for English Language Learners: Practical Approaches for the Teacher. New York: Addison Wesley Publishing Company.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No 58 Tahun 2014 Teantanf Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. (2014). Jakarta: Depdikbud.

Willis, D.(1996). A Framework for Task-Based Learning. Londond: Longman.

Willis, J., & Willis, D. (2007). Doing Task-Based Teaching. Oxford: Oxford Universitty Press.


Article Metrics

Abstract view : 1308 times
PDF - 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 LENSA



Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0

 

 

Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya (Lensa)
p-ISSN: 2086-6100; e-ISSN: 2503-328X
Published by: Faculty of Educational Science and Humanity,Universitas Muhammadiyah Semarang

 

Member of: