Penggunaan Aplikasi Komputer dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri 01 Kembangarum Semarang

Enny Dwi Lestariningsih(1*), Testiana Deni Wijayatiningsih(2), Hascaryo Pramudibyo(3), Bambang Dalyono(4), Dwi Ampuni Agustina(5)


(1) Universitas Terbuka Semaranng
(2) Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Universtitas Terbuka Semarang
(4) UniversitasTerbuka Semarang
(5) Universitas Terbuka Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebagian guru di SD Negeri Kembangarum 01 banyak yang masih gagap teknologi terutama mereka yang sudah jadi guru sejak lama atau senior karena selama mereka kuliah, teknologi komputer dan internet belum sebanyak sekarang. Berdasarkan paparan tersebut, semua guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan  ilmu pengetahuan dan teknologi. Tetapi pada kenyataannya kemampuan mereka cenderung relatif standar hanya mampu mengoperasikan microsoft words saja. Berdasarkan pernyataan tersebut, tim pengabdi kami memfokuskan pengabdian masyarakat pada pemanfaatan teknologi komputer pada guru SDN 01 Kembangarum Semarang yang berjumlah 21 orang. Adapun metode pelatihan yang dilakukan menggunakan metode ceramah, praktek, dan evaluasi kepuasan peserta pelatihan. Dari program pelatihan pengabdian masyarakat tersebut dihasilkan peningkatan kemampuan mengoperasikan microsoft words, power point, microsoft excel, pelatihan membuat email, dan pelatihan mendaftar website di wordpress. Para guru menjadi termotivasi untuk lebih menggunakan power point, dan website gratis sebagai media pembelajaran dan penghitungan dalam excel untuk mengevaluasi penilaian siswa baik ulangan harian, tugas, UTS, atau UAS.

Keywords: aplikasi komputer, kinerja guru, sekolah dasar.

Abstract

Some teachers at Public Elementary School of Kembangarum 1 are technologically illiterate, primarily the senior ones, for when they were students the technology was not as high as it is now. Based on that, all of the teachers are asked to always develop themselves in line with the advancement of science and technology. I fact, their abilities are relatively standard, only able to operate Microsoft Word. Therefore, we conducted a community service focusing on utilizing computer technology for 21 teachers at Public Elementary School of Kembangarum 1 Semarang. Methods used were lecture, practice, evaluation on satisfaction, and training. Results of the community service showed that the ability to operate Microsoft Word, Power Point, and Microsoft Excel improved. Trainings on how to create an email and register a website on Wordpress were also given. The teachers were more motivated to use Power Point application and free-of-charge website as learning and calculating media in excel in order to evaluate the students’ assessments in both daily tests, assignments, mid-term test, and post-term test.


Keywords


computer application; student performance; elementary school

Full Text:

PDF

References


Miarso, Y. (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Moeliono, A. M. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Balai Pustaka.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E., & Mukhlis. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya.

Niarsa, A. (2013). Studi Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) DI SD Negeri 01 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora (Skripsi, Universitas Negeri Semarang).

RI, M. P. N. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.

Putra, D. (2000). Belajar dan Panduan Praktis Microsoft Windows 95/98/2000, Word 2000, Excel 2000: Standar Aplikasi Komputer Pemula. Surabaya: Indah.

Rustad, Supriyadi dan Sugiyanto. (2007). ”Implementasi Information and Communication Technology (ICT) dalam Pembelajaran Inovatif”, dalam Panduan dan Materi Workshop Pengembangan Pembelajaran Inovatif.

Setiawan, D., dkk. (2009). Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudibyo, L. (2011). Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Widyatama, 20(2), 175-185.

Aulia, T. R. N. (2006). Himpunan Perundang-undangan Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Nuansa Aulia.

Triwahyuni, T. & Kadir, A. (2007). Power Point 2007: Trik dan Tip Power Point dari Dasar Sampai Tingkat Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.

Nasional, D. P. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.


Article Metrics

Abstract view : 924 times
PDF - 248 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jsm.1.2.2019.125-131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Surya Masyarakat

Jurnal Surya Masyarakat (JSM) is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Surya Masyarakat (JSM)
p-ISSN:  2623-0364; e-ISSN: 2623-0569
Published by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Semarang