KRITERIA SISTEM PEMBELAJARAN MENURUT MAHASISWA AKADEMI STATISTIKA (AIS) MUHAMMADIYAH SEMARANG

Safa’at Yulianto(1*), Atik Khoiriyah(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar yang dibutuhkan manusia dan menjadi sarana untuk mengembangkan pemikiran dan wawasan. Di dalam proses pembelajaran yang dialami mahasiswa berkaitan erat dengan sistem pembelajaran yang diterapkan oleh dosen, sehingga mahasiswa dapat mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Kualitas mahasiswa salah satunya bergantung pada sistem pembelajaran oleh dosen. Beberapa komponen dari sistem pembelajaran yang mempengaruhi kualitas mahasiswa adalah metode pembelajaran, tugas terstruktur dan metode evaluasi yang diterapkan oleh dosen. Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui kriteria berdasarkan preferensi atau pendapat mahasiswa dalam penelitian ini adalah analisis konjoin. Berdasarkan hasil penelitian, pertimbangan mahasiswa didalam menentukan kriteria sistem pembelajaran lebih menganggap penting metode evaluasi dengan pemberian tugas (40,17%), pertimbangan kedua adalah jenis tugas terstruktur berupa latihan soal (30,757%) dan pertimbangan terakhir yaitu metode pembelajaran yang diterapkan oleh dosen dengan cara diskusi (20,072%).

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 782 times
PDF - 207 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jsunimus.2.2.2014.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Editorial Office:
Department of Statistics
Faculty Of Mathematics And Natural Sciences
 
Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu No. 18 Semarang Indonesia



Published by: 
Department of Statistics Universitas Muhammadiyah Semarang

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License