ANALISIS SOAL PILIHAN GANDA DENGAN RASCH MODEL
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Proses belajar mengajar selalu melibatkan penilaian sebagai hal yang sangat penting dilakukan, tanpa hal tersebut sulit diketahui secara pasti apakah kemajuan belajar dicapai atau tidak. Suatu bentuk ujian yang bisa menginformasikan prestasi antar siswa atau antar sekolah bahkan antar daerah memerlukan tes standar yang baik. Bentuk tes standar yang umum dipakai adalah jenis soal pilihan ganda dengan satu pilihan jawaban yang benar. Cara yang umum dilakukan adalah menjumlahkan skor jawaban yang benar untuk menggambarkan kemampuan siswa. Pada dasarnya penggunaan skor sebagai ukuran prestasi memiliki kelemahan yang tidak bisa mendukung umpan balik yang efektif. Makalah ini bertujuan memberikan informasi tingkat abilitas siswa dan tingkat
kesulitan soal dengan Rasch model. Hasil Rasch model diperoleh siswa dengan abilitas tertinggi (05P) sampai siswa dengan abilitas terendah (07L) dan tingkat kesulitan soal dari yang paling sulit (S3) sampai ke yang paling mudah (S1).
Kata kunci : Abilitas Siswa, Rasch Model,Soal Pilihan Ganda.
kesulitan soal dengan Rasch model. Hasil Rasch model diperoleh siswa dengan abilitas tertinggi (05P) sampai siswa dengan abilitas terendah (07L) dan tingkat kesulitan soal dari yang paling sulit (S3) sampai ke yang paling mudah (S1).
Kata kunci : Abilitas Siswa, Rasch Model,Soal Pilihan Ganda.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1921 timesPDF - 1029 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jsunimus.6.1.2018.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang
Editorial Office:
Department of Statistics
Faculty Of Mathematics And Natural Sciences
Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu No. 18 Semarang Indonesia
Published by:
Department of Statistics Universitas Muhammadiyah Semarang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License