Perancangan Multidimensional Scalling Metrik dengan GUI PYTHON 3.8 untuk Klasifikasi Program Keluarga Berencana

Bramesa Winanda Nugraha(1), Tatik Widiharih(2), Puspita Kartikasari(3*)


(1) Universities Diponegoro
(2) Departemen : Statistika Universitas Diponegoro Akreditas departemen Statistika Uiversitas Diponegoro : A
(3) Universitas Diponegoro
(*) Corresponding Author

Abstract


Program KB (Keluarga Berencana) merupakan suatu bentuk upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengendalikan banyaknya kuota penduduk. Program KB selalu dikaitkan dengan alat kontrasepsi sebagai kendaraan untuk menyukseskan program tersebut. Metode kontrasepsi dibagi menjadi dua yaitu jangka panjang (MKJP) yang meliputi Intra Uterine Device, Implan, Metode Operasi Wanita dan Metode Operasi Pria dan jangka pendek (Non MKJP) yang meliputi Suntik, Kondom, dan Pil. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah berdasarkan metode kontrasepsi yang digunakan oleh peserta KB dalam dua dimensi. Metode pemetaan yang digunakan adalah Multidimensional Scaling Metrik dengan membangun suatu program berbasis Graphical User Interface (GUI) Python. Hasil penelitian ini memvisualisasikan karakteristik dari peserta KB pada Kabupaten/Kota berdasarkan jenis dan metode kontrasepsi yang digunakan. Pada kuadran I memiliki karakteristik penggunaan Non MKJP. Kuadran II memiliki karakteristik penggunaan PIL. Kuadran III merupakan kelompok dengan tingkat penggunaan kontrasepsi yang rendah baik MKJP maupun Non MKJP. Kuadran IV memiliki karakteristik penggunaan IUD. Dengan kriteria perceptual map yang dihasilkan sempurna, ditunjukan oleh nilai stress sebesar 0.4%.


Keywords


Program KB; GUI Python; Multidimensional Scalling; Metrik

Full Text:

PDF

References


Cicih, L. H. 2019. Info Demografi. Jakarta: BKKBN

BKKBN. 2018. Narasi Rapat Pengendalian Program dan Anggaran Data s/d Bulan Oktober 2018. Semarang: BKKBN.

BKKBN. 2017. Laporan

Nafisah, S., dan Setiawan, T. H. 2019. Penerapan Analisis Multidimensional Scaling pada Pemetaan Karakteristik Kemiskinan di Provinsi Banten. Jurnal Statistika dan Matematika Vol. 1, No. 2: Hal. 46-59. Instansi Pemerintah 2016 Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Jakarta: BKKBN.

Aplikasi.bkkbn.go.id. (2019, Desember). Laporan DALLAP. Diakses pada 13 Februari 2020, dari https://aplikasi.bkkbn.go.id/sr/DALLAP/Laporan2013/ Bulanan/Dalap 2013Tabel15.aspx.

Borg, I. dan Groenen, P.J.F. 2005. Modern Multidimensional Scaling Theory and Applications Second Edition. New York: Springer.

Puspindes. n.d. Buku Panduan Pemrograman Python. Pemalang: Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kabupaten Pemalang.

Python. tanpa tahun. What is Python? Executive Summary. Diakses pada 06 Mei 2020, dari http://www.python.org/doc/essays/ blurb.

Sihombing, D. I. 2016. Analisis Multivariat Dengan Metode Multidimensional Scalling Untuk Peningkatan Proses Belajar Mengajar (PBM) Di FKIP UHN Medan. Medan: Lembaga Penelitian Universitas HKBP Nommensen Medan.


Article Metrics

Abstract view : 558 times
PDF - 150 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jsunimus.8.2.2020.114-120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang

Editorial Office:
Department of Statistics
Faculty Of Mathematics And Natural Sciences
 
Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu No. 18 Semarang Indonesia



Published by: 
Department of Statistics Universitas Muhammadiyah Semarang

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License