Pendugaan Kemiskinan Menggunakan Small area Estimation dengan Pendekatan Emperical Best Linear Unbiased Prediction (EBLUP)

Dini Gartina, Laelatul Khikmah

Abstract


Kemiskinan merupakan permasalahan yang berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan manusia. Selama ini kemiskinan diduga menggunakan data Susenas yang diukur melalui pendekatan pengeluaran perkapita. Faktanya, objek yang disurvei pada Susenas ini hanyalah rumah tangga yang melakukan kegiatan ekonomi, sehingga memungkinkan jumlah sampel tidak mewakili karakteristik dari keseluruhan populasi. Jika data tersebut digunakan untuk menduga kemiskinan akan menghasilkan pendugaan yang bias dan varians yang besar karena jumlah sampel kecil kurang representatif untuk mewakili data. Upaya yang dapat dilakukan untuk menduga pada area kecil dengan menambah sampel, namun hal ini membutuhkan biaya yang banyak sehingga untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengoptimalkan data yang tersedia dengan menggunakan small area estimation (SAE). Salah satu pendekatan yang dapat digunakan pada pendugaan area kecil yaitu dengan menggunakan pendekatan Emperical Best Linear Unbiased Prediction (EBLUP). Pada penelitian ini keakuratan dari penduga EBLUP dapat dievaluasi dengan Mean Square Error (MSE). Hasil penelitiannya penduga Emperical Best Linear Unbiased Prediction (EBLUP) lebih baik dibandingkan dengan pendugaan langsung. MSE penduga langsung lebih besar daripada MSE penduga tidak langsung. Nilai rata-rata MSE penduga langsung sebesar 0.005729 dan rata-rata MSE penduga EBLUP sebesar 0.002873.


Keywords


Emperical Best Linear Unbiased Prediction; Kemiskinan; Mean Square Error; Small Area estimation

Full Text:

PDF

References


Munajat. (2009). Membernaskan Pembangunan Pertanian Sebagai Solusi Mengakar dalam Mengatasi Kemiskinan, 1(1), 12–18.

Darsyah, M. Y., & Wasono, R. (2013). Pendugaan Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Sumenep dengan pendekatan SAE. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 1(1), 1–10.

Rao JNK. dan Molina, I. (2015). Small Area Estimation (Second Edition). New Jersey: John Wiley & Sonc, inc.

Wijaya, A., Darsyah, M. Y., Suprayitno, I. J. (2017). Small Area Estimation pada Tingkat Kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah dengan Pendekatan Emperical Best Linier Unbiased Prediction. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, 21–31.

Ikhsan, E., Hidayat, C. A., & Nurizza, W. A. (2018). Efesiensi Metode EBLUP pada Small Area Estimation Studi Kasus: Estimasi Persentase Penduduk Misikin di Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2017, 1-12.

Badan Pusat Statistik. (2018). Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam Angka 2018.


Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang

Publisher

Department of Statistics Universitas Muhammadiyah Semarang Jl. Kedungmundu No. 18 Semarang Indonesia

View My Stats